7 Ide Menata Rumah Kecil Anda Agar Lebih Nyaman!

LoadingSUDAH MENCOBA

Memiliki rumah berukuran kecil bukan halangan untuk membuatnya menjadi lebih nyaman. Dengan pemilihan dekorasi rumah yang tepat, kamu bahkan dapat menyulap rumah kecilmu agar terlihat lebih luas. Beberapa cara berikut dapat kamu terapkan untuk mempermanis rumah mungilmu. Yuk, cek infonya di sini.

 

  1. Gunakan cat warna cerah

Warna cerah yang berkesan alami dapat membuat rumahmu terlihat lebih luas. Pilihlah cat dinding warna putih, krem, abu-abu muda atau kuning gading yang berkesan netral. Hindari warna solid yang gelap apalagi jika ruangan kamarmu tidak mendapat banyak cahaya matahari.

Cat warna cerah membuat ruangan lebih terang (hookedonhouses.net).

  1. Tambahkan aksesoris berwarna terang

Setelah memilih cat dinding berwarna cerah, kini kamu bebas memilih aksesoris rumah untuk memperindah ruangan. Tambahkan vas bunga, lukisan, atau bantal sofa berwarna terang seperti hijau, ungu atau merah yang berukuran sedang. Jangan lupa untuk menyelaraskan warna aksesoris yang satu dan yang lainnya agar terlihat serasi.

Aksesoris rumah berwarna ungu dan hijau yang menarik (decoratingwithless.com)

  1. Rak dinding pengganti lemari pajangan

Untuk membuat ruangan lebih luas, jangan gunakan terlalu banyak furnitur besar. Lupakan lemari pajangan yang besar, gunakan rak dinding sehingga ruangan tidak sempit. Daripada membeli rak dinding yang sudah jadi, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri lho dari tripleks atau kayu dan bahan lain yang tidak terpakai.

wall-shelf

Dengan rak dinding, barangmu akan tersusun rapi dan ruangan pun terlihat lebih luas (apartmenttherapy.com).

  1. Gunakan furnitur multifungsi

Pada ruangan kecil, sebaiknya kamu tak menaruh banyak furnitur. Gunakan furnitur multifungsi untuk menghemat tempat seperti sofabed atau tempat penyimpanan barang yang dapat digunakan sebagai kursi. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit modifikasi, misalnya menambahkan rak kecil dari kain atau bahan lain di belakang pintu. Rak ini bisa dipakai untuk menyimpan tas, toples, sepatu, atau barang-barang lain sekaligus menghemat tempat!

Meja yang ditempel ke dinding, menghemat banyak tempat di rumahmu (trendhunter.com).

  1. Pilih wallpaper bercorak sederhana

Siapa bilang rumah mungil tak bisa pakai wallpaper? Anda hanya perlu memilih corak yang sesuai untuk ruangan kecil Anda. Pilih corak sederhana seperti garis dengan warna cerah. Tapi, hati-hati dalam mengombinasikan dua warna untuk wallpapermu ya!

Wallpaper motif garis pilihan tepat untuk rumah mungilmu (bhg.com).

  1. Pasang cermin di dinding

Cermin merefleksikan cahaya dan menciptakan ilusi yang membuat ruangan kecil terasa lebih luas. Cobalah menaruh cermin yang berukuran cukup besar hingga sebagian besar ruangan tampak di dalam cermin. Letakkan cermin di ruang tamu sehingga para tamu bisa menikmatinya juga. Selain indah, pasti ruangan Anda jadi lebih nyaman.

mirror

Cermin, ide cemerlang di ruangan kecil (theeverygirl.com).

  1. Gantung barang-barangmu

Karena jumlah ruangan terbatas, hindari kebiasaan menumpuk barang tak terpakai. Jangan menaruh barang-barang di bawah meja dan kursi yang akan memberi kesan sumpek. Menggantungnya dalam wadah rotan akan memperindah ruangan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan toples atau wadah lain yang tidak terpakai, membuat hanger yang unik dan DIY lainnya untuk menyimpan barangmu!

Ganti kotak penyimpananmu dengan wadah rotan, pasti terlihat lebih menawan (we-are-scout.com).

Sudah siap untuk mencoba ketujuh ide unik untuk menata rumah mungilmu? Rumah yang lebih nyaman akan membuat keluargamu lebih betah dan senang tinggal di rumah, bukan?

ARTIKEL TERKAIT

Rumah di Bawah Rp 350 Juta di Jakarta? Bisa, Ini Buktinya! Pemilihan Gubernur DKI Jakarta memunculkan banyak polemik. Berbagai tema diperdebatkan, seperti uang muka nol rupiah, atau rumah di bawah Rp 350 juta....
Punya Popok Tidak terpakai? Manfaatkan untuk Hal Berikut! Saat anak memasuki usia tiga tahun, penggunaan popok biasanya akan semakin jarang dilakukan. Padahal, kamu sudah menyediakan cukup banyak popok untukn...
5 Tips Untuk Membangun Rumah Ramah Lingkungan! Saat membangun rumah, biasanya kita sudah membuat rencana yang matang. Tapi, kalau kita bisa ikut berkontribusi menyelamatkan bumi dengan membangun ru...
Menyulap Botol Plastik Bekas Menjadi Kreasi Unik! Kita pasti tahu betul bahwa banyak botol plastik terbuang setiap harinya. Tapi pernahkah kamu berpikir, betapa sulitnya botol-botol plastik tersebut t...
Tak Butuh Waktu Lama Untuk Membersihkan Rumah, Dengan Tips-tips ini Kamu Bisa Melakukannya Kurang Da... Membersihkan rumah adalah pekerjaan yang melelahkan. Apalagi bagi kamu ibu rumah tangga yang juga sibuk bekerja di luar atau kamu yang masih tinggal s...
LoadingSUDAH MENCOBA

Leave a Reply