Cegah Kantuk di Kantor Setelah Makan Siang Tanpa Minum Kopi!

LoadingSUDAH MENCOBA

Tentunya, kamu pernah merasa kekenyangan dan sangat mengantuk setelah makan siang bersama teman-teman kantor. Ketika sampai di kantor, badan pun lesu dan pekerjaan menjadi kacau. Lalu, kopi dianggap sebagai jalan keluarnya. Kandungan kafeina dalam kopi memang dapat membuatmy segar seketika dan kembali berenergi. Tetapi, meskipun terkenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan fokus, kafeina membuatmu kecanduan! Selain itu, kalau kamu menderita maag, kopi benar-benar bisa menjadi musuh! Bagaimana cara agar tidak mengantuk tanpa minum kopi? Baca terus artikel ini!

1. Membuat food diary

Pahamilah penyebab rasa kantuk dengan membuat food diary atau catatan harian makananmu sehari-hari. Tuliskan kapan kamu merasa mengantuk, apa saja makanan dan minuman yang dikonsumsi, olahraga apa yang kamu lakukan di pagi hari, dan berapa jam kamu tidur dengan nyenyak di malam sebelumnya. Lakukan selama seminggu dan analisis data yang sudah kamu catat di dalam food diary. Carilah pola tertentu sehingga kamu bisa menghindari rasa kantuk setelah makan siang.

 

2. Hindari makan cepat

Makanan yang berat membutuhkan usaha lebih untuk dapat dicerna. Mungkin, itulah sebabnya kamu merasa mengantuk. Daripada mengonsumsi nasi putih, ayam goreng, telur balado, dan sayur sop sekaligus, kamu bisa membaginya menjadi porsi-porsi yang lebih kecil dan mengonsumsinya sepanjang hari. Imbangi makan siang yang sedikit dengan camilan sehat sehingga kebutuhan kalori harianmu dapat terpenuhi. Tetapi, jangan sampai kamu tidak makan apa pun selama tiga jam! Selain makan dengan porsi yang lebih kecil, kamu juga harus mengunyah secara perlahan-lahan. Makan siang yang terburu-buru akan menstimulasi sistem tubuh untuk mengeluarkan bahan kimia yang tidak diperlukan secara terburu-buru pula sehingga akan membuatmu merasa lelah.

 

3. Minum smoothie dan air jeruk atau lemon di kafetaria

Gantilah kopi dengan minuman tanpa kafeina untuk membuatmu kembali bersemangat. Air putih adalah pilihan yang terbaik karena kamu juga perlu menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Selain itu, banyak minum air juga bisa menjadi alasan untuk pergi ke kafetaria dan sekadar mengobrol dengan rekan kerja untuk melepas penat. Sebagai pengganti kopi, kamu bisa mengonsumsi teh hijau organik, teh gingseng, jus sayur dan buah, air lemon, dan smoothie berisi kacang-kacangan untuk meningkatkan tekanan darah. Tetapi, berhati-hatilah dengan sports drinks! Karena kandungan kafeina dan gulanya yang tinggi, sports drinks tidak bisa dijadikan pengganti nutrisi yang baik.

 

4. Tidur siang atau berolahraga

Jika atasanmu memperbolehkan dan jadwal kerjamu tidak terlalu padat, kamu bisa tidur siang selama 15 menit setelah makan. Tidur siang atau power nap ini akan membuatmu terhindar dari kantuk selama seharian dan produktivitas pun akan meningkat. Selain itu, kamu juga bisa sedikit berolahraga dengan berjalan-jalan di sekitar kantor, melakukan peregangan, atau melakukan jumping jacks di kamar mandi. Prinsipnya, kamu bisa melakukan apa saja selama kamu bisa menggerakan tubuh dan tidak mengganggu pekerjaan. Olahraga ringan setelah makan akan membantu melancarkan peredaran darah dan dapat mengusir rasa kantuk sehingga kamu bisa kembali bersemangat.

Jadi, ada banyak cara yang bisa kamu coba agar dapat menghentikan kopi untuk terhindar dari rasa kantuk! Cara manakah yang akan kamu coba?

ARTIKEL TERKAIT

Kamu Mau Sukses, Ikuti 10 Cara Mudah Jadi Pede Banget Ini Kepercayaan diri akan membantu meraih kesuksesan. Sayangnya, banyak hal yang bisa menghalangi kepercayaan diri. Perasaan tidak aman dan kecemasan mend...
6 Trik Psikologis yang Bisa Membuat Orang Membeli Apa pun   Pesan kerap dianggap, sebagai poin terpenting yang mempengaruhi orang lain. Robert Cialdini dalam bukunya: “Pre-Suasion: A Revolutionary Way...
4 Kata Ajaib Bikin Orang Mengatakan Ya Bikin orang mengatakan ya sama kamu kerap bisa bikin pusing. Kadang, butuh percakapan bertele-tele, apalagi kalau lawan bicara kamu orang yang keras k...
LoadingSUDAH MENCOBA

Leave a Reply