7 Cara untuk Berlibur dengan Anggaran Rendah!

LoadingSUDAH MENCOBA

Liburan memang membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Karena itu, liburan sering dianggap sebagai suatu “kemewahan” untuk banyak orang. Eits, tunggu dulu! Siapa bilang liburan harus mahal terus? Ada banyak cara untuk menikmati liburan tanpa perlu menghabiskan isi dompet. Yuk simak 7 tips liburan dengan anggaran rendah yang bisa kamu coba!

 

1. Liburan itu tidak harus jauh dari rumah lho…

Kalau mendengar kata liburan, apa yang biasanya kamu pikirkan? Pantai, gunung, tempat wisata? Liburan itu tidak harus yang jauh-jauh lho… Coba cari tempat di sekitar yang bisa kamu pakai untuk piknik atau berkemah bersama teman-teman, rekan kerja, atau keluarga. Misalnya, berkemah di halaman belakang rumah sambil memanggang daging barbekyu. Asik dan murah, kan?

 

2. Penawaran terbaik selalu ada di internet

Internet adalah cara jitu untuk menemukan penerbangan dan akomodasi murah. Carilah “maskapai murah” seperti Lion Air, Jet Star, Air Asia, dan yang lainnya. Kamu juga bisa lho memesan tiket untuk satu tahun ke depan. Harganya jauh lebih murah! Untuk pesawat komersial, datang saja ke pameran travel yang biasanya diadakan 2-3x setahun.

Urusan akomodasi, kamu bisa menemukan banyak kamar yang nyaman dengan harga terjangkau di internet. Hostel atau homestay juga bisa jadi alternatif. Kalau kamu suka dengan suasana rumahan, kamu bisa menyewa apartemen seperti yang ditawarkan di AirBnB. Kalau kamu punya teman atau keluarga yang tinggal di tempat tujuan, mungkin kamu bisa menginap gratis!

 

3. Tak perlu makan mewah setiap hari

Tidak bisa dipungkiri kalau makanan cukup menghabiskan budget liburan. Daripada makan mewah, pilihlah restoran lokal. Biasanya mereka menyajikan makanan otentik dari suatu daerah. Kamu bisa juga mencari food court yang harganya lebih murah. Street food juga bisa jadi alternatif, lho! Atau… kalau kamu punya skill memasak, kenapa tidak coba memasak sendiri?

 

4. Lebih sehat dan hemat uang

Hal penting lainnya saat liburan adalah transportasi. Katakan ‘tidak’ pada taksi dan mobil. Carilah transportasi umum (seperti bus) dengan bertanya pada penduduk lokal. Hitung-hitung belajar bahasa mereka juga, lho! Alternatif lainnya, kamu bisa berjalan kaki (sekaligus untuk membakar lemak). Jalan kaki akan menghemat dompet dan membuatmu lebih sehat.

 

5. Jangan lupa kalau selalu ada yang “lokal” dan gratis…

Saat liburan, kita sering tergoda untuk membeli ini-itu, pergi ke sana-sini tanpa memperhatikan budget. Hindari atraksi umum yang biasa dikunjungi turis. Ada banyak lokasi yang bisa dikunjungi tanpa harus membayar sepeser pun. Kamu cuma perlu bermodalkan internet!

Belanjalah di lokasi-lokasi yang lebih murah. Contohnya, kunjungi pasar lokal untuk mencari suvenir. Harganya tidak semahal di tempat wisata lainnya – masih bisa menawar! Kalau kamu tinggal di tempat yang sama untuk waktu yang cukup lama, belilah kartu perdana lokal. Jadi, kamu bisa menghubungi teman dan keluarga, serta menggunakan internet dengan tarif lokal.

 

6. Low season itu waktu yang tepat untuk liburan!

Apa itu low season? Singkatnya, low season adalah waktu di mana tempat wisata akan sepi dan hanya sedikit orang yang bepergian. Kalau memungkinkan (seperti sedang cuti, dll.), jangan pergi saat hari libur! Berlibur saat hari raya atau tahun baru akan menggandakan pengeluaranmu karena biaya transportasi dan penginapan juga akan lebih mahal. Di saat yang lain bekerja, kamu bisa menikmati liburanmu sepuas hati! 🙂

 

7. Sembunyikan dulu kartu kreditmu

Kalau kamu memiliki kartu kredit, tinggalkan di rumah. Perhatian: jangan bawa kartu kreditmu! Kartu kredit membuatmu cenderung ingin berbelanja. Dan, liburanmu bisa berantakan – dari seharusnya menyenangkan malah memusingkan karena tagihan kartu kredit sudah menunggu di rumah!

 

Itu tadi 7 tips yang bisa kamu praktikkan agar tidak boros saat berlibur. Berlibur tidak harus mahal, bukan? Yang penting, kebersamaan yang dirasakan bersama keluarga, teman, kekasih, atau rekan kerjamu! Yuk, wujudkan mimpi liburan murahmu. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

Sebelum Traveling ke Luar Negeri, Pastikan Kamu Ikuti 5 Tips Penting Ini! Traveling ke luar negeri dan menjelajahi tempat-tempat baru pasti menjadi impian bagi banyak orang. Apalagi jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi ...
5 “Surga” Tersembunyi di Jawa Barat yang Tak Pernah Kamu Ketahui! Nama Jawa Barat sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tapi, tahukah kamu kalau provinsi di Pulau Jawa ini mempunyai kekayaan alam yang luar biasa? Y...
LoadingSUDAH MENCOBA

Leave a Reply