Inilah 5 Kegunaan Lain dari Sabun yang Belum Kamu Ketahui Sebelumnya!

LoadingSUDAH MENCOBA

Sabun mandi batangan yang biasa kamu lihat sehari-hari memiliki banyak fungsi, lho! Selain menjaga agar tubuh kita tetap bersih, sabun mandi batangan juga bisa dipergunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya. Malahan, ada beberapa kegunaan sabun yang belum pernah kita ketahui sebelumnya dan pasti membuat kita menggelengkan kepala! Apa saja lima kegunaan sabun lainnya selain untuk membersihkan tubuh dari kuman? Simak artikel di bawah ini!

1. Meletakkan sabun di bawah seprai bisa mengatasi RLS
Restless Leg Syndrome (RLS) adalah sebuah gangguan yang berhubungan dengan sensasi dan gerakan sehingga membuat kaki kita bergerak-gerak sewaktu tidur. Salah satu penyebab gangguan ini adalah kurangnya magnesium. Meskipun terdengar aneh, sabun mandi yang diletakkan di bawah seprai dipercaya mampu mengatasi RLS! Beberapa ahli medis mengungkapkan bahwa sabun dapat memberikan kandungan magnesium bagi penderita RLS. Caranya, letakkan sabun batangan yang terbungkus di bawah seprai di dekat kakimu. Pilihlah sabun dengan wewangian yang menenangkan, seperti lavendel. Jika sabun mengering atau menyusut, gantilah dengan yang baru!

2. Sabun bisa digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada sepatu
Bau sepatu yang tidak sedap bisa membuat rasa percaya diri kita menurun. Apalagi saat kita bertamu dan harus melepas sepatu! Hindari bau yang tidak sedap pada berbagai jenis sepatu dengan memasukkan sabun yang terbungkus ke dalam sepatu. Biarkan semalaman dan rasakan kesegaran sepatumu di keesokkan harinya. Jangan lupa untuk selalu mencuci kaki dengan sabun antibakteri! Selain itu, kamu juga bisa memasukkan sabun ke dalam lemari atau koper untuk mencegah pakaianmu bau apak. Pastikan pembungkus sabun sedikit terbuka agar wewangiannya bisa keluar!

3. Sabun sebagai pelumas sekrup
Sabun batang bisa menjadi pelumas yang bagus untuk sekrup, paku, dan gergaji. Tancapkan sekrup atau paku ke dalam sabun batang sebelum menggunakannya. Sabun akan membuat sekrup dan paku lebih mudah digunakkan dan tidak akan membuat kayu terbelah sehingga sangat berguna bila kamu sedang membuat sesuatu menggunakan kayu yang tipis. Kamu juga bisa menggosokkan sabun ke atas permukaan gergaji agar dapat memotong kayu lebih mulus dan lebih lurus. Selain itu, sabun batang juga bisa dipakai untuk melumasi lantai kayu atau tangga kayu yang berdecit, lho! Gosokkan sabun pada celah-celah di atas permukaan kayu dan gunakkan lap basah untuk membilasnya.

4. Suka menggigiti kuku? Garuklah sabun untuk menghentikannya!
Apakah kamu ingin menghentikan kebiasaan menggigiti kuku? Cobalah gunakan sabun! Garukkan kuku jarimu pada permukaan sabun batang sampai menutupi kuku bagian dalammu. Dengan begitu, kamu pasti akan berhenti menggigiti kuku saat merasakan rasa sabun! Langkah ini juga bisa kamu gunakkan saat akan berkebun dan tidak ingin tanah dan kotoran menumpuk di bawah kukumu.

5. Lepaskan lampu yang rusak dengan aman menggunakan sabun batang
Selain digunakkan untuk menjaga kebersihan tubuh, sabun juga bisa digunakan untuk melepaskan lampu bohlam yang rusak! Jika ada lampu bohlam yang rusak dan masih menempel di dalam soketnya, matikan listrik dan masukan bagian sudut sabun batang pada soket tersebut. Dalam beberapa menit, lampu bohlam akan terlepas. Kapan pun kamu harus melepaskan lampu bohlam yang rusak dari soketnya, ambillah sabun batang untuk menghindari risiko cedera yang berbahaya.

LoadingSUDAH MENCOBA

Leave a Reply