5 “Surga” Tersembunyi di Jawa Barat yang Tak Pernah Kamu Ketahui!

LoadingSUDAH MENCOBA

Nama Jawa Barat sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tapi, tahukah kamu kalau provinsi di Pulau Jawa ini mempunyai kekayaan alam yang luar biasa? Ya, provinsi ini punya “surga-surga” yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten.

Sayangnya, tempat-tempat wisata ini kurang dipromosikan karena keterbatasan kemampuan pemerintah daerah. Akibatnya, hanya warga lokal saja yang mengetahuinya. Kalau kamu jenuh bekerja, coba kunjungi tempat-tempat wisata ini. Dijamin kamu tidak akan menyesal! Eits, tapi jangan sampai membolos kerja, ya…

1. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Pantai Ujung Genteng ini terletak di Desa Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pantai yang tenang dengan batu karang dan pasir putih, dengan ombak yang tidak terlalu besar di pinggir pantai dan bibir pantai yang dangkal.

Setiap pagi, dari pukul 7-9, kamu bisa melihat kios-kios di pinggir pantai. Para nelayan menjual ikan-ikan dan hasil laut lainnya di kios-kios ini. Kamu juga bisa menikmati pemandangan puing-puing dermaga peninggalan Belanda. Pantai ini cocok untuk kamu tidak suka keramaian karena masih sepi pengunjung!

2. Curug Bidadari, Bogor

Air terjun Curug Bidadari ini konon dikunjungi oleh bidadari. Masyarakat lokal percaya bahwa pelangi setelah hujan lebat merupakan sarana turunnya bidadari. Biaya masuk tempat ini adalah 25 ribu rupiah saat hari kerja, dan 40 ribu rupiah di akhir pekan. Tapi, kamu harus berhati-hati saat berkendara ke sana karena jalannya masih rusak walaupun sudah beraspal.

3. Telaga Remis, Cirebon

Suasana di Telaga Remis sangat segar dan sejuk karena dikelilingi oleh hutan tropis. Udara sejuknya bahkan mengalahkan terik matahari siang. Kalau kamu menginginkan suasana yang romantis, kunjungi tempat ini di pagi buta karena masih diselimuti kabut. Cocok untuk foto prewedding, ups!

Menurut mitos, Pangeran Siliwangi pergi ke tempat ini untuk bermeditasi dan mengumpulkan embun (dalam Bahasa Sunda, kata “reumis” berarti minum). Sang pangeran membuang sisa embun itu dan berdoa agar suatu saat embun itu menjadi telaga yang berguna bagi masyarakat sekitar.

4. Puncak Guha, Garut

Puncak Guha terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang sangat indah. Untuk para fotografer, cobalah kunjungi tempat ini saat matahari terbenam. Jangan takut ramai karena wisata alam ini masih sepi pengunjung! Selain itu, ada hal unik di tempat wisata ini: sebuah gua yang menembus dari atas sampai ke laut. Gua ini menjadi sarang burung walet dan kelelawar. Untuk masuk wilayah Puncak Guha, kamu perlu membayar lima ribu rupiah per orang.

5. Green Canyon, Ciamis

‘Surga’ yang satu ini wajib dikunjungi karena keindahan alamnya yang benar-benar alami. Sungai dan tebing, air jernih kehijauan dari lumut yang menempel di batu dan dasar sungai. Kamu bisa membayar 50.000 rupiah per orang untuk menyewa perahu yang bisa mengelilingi green canyon ini. Atau, kalau kamu butuh tantangan, cobalah body rafting. Siapkan saja kocek 30.000 rupiah per orang.

 

Jadi, itulah 5 “surga” wisata yang bisa kamu kunjungi di Jawa Barat. Ayo segera datangi tempat-tempat wisata alam ini sebelum ramai pengunjung! Ajak teman-teman dan keluargamu agar lebih seru. Tapi, jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya dan jangan merusak ‘surga’ ini ya! 😉

ARTIKEL TERKAIT

7 Cara untuk Berlibur dengan Anggaran Rendah! Liburan memang membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Karena itu, liburan sering dianggap sebagai suatu “kemewahan” untuk banyak orang. Eits, tunggu du...
Sebelum Traveling ke Luar Negeri, Pastikan Kamu Ikuti 5 Tips Penting Ini! Traveling ke luar negeri dan menjelajahi tempat-tempat baru pasti menjadi impian bagi banyak orang. Apalagi jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi ...
LoadingSUDAH MENCOBA

Leave a Reply