Sebelum Traveling ke Luar Negeri, Pastikan Kamu Ikuti 5 Tips Penting Ini!

LoadingSUDAH MENCOBA

Traveling ke luar negeri dan menjelajahi tempat-tempat baru pasti menjadi impian bagi banyak orang. Apalagi jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi banyak negara, kamu akan mendapatkan beragam pengalaman mengesankan yang tak akan terlupakan sepanjang hidupmu. Tetapi sebelum traveling, khususnya traveling ke luar negeri, kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Dan bagi kamu yang baru pertama kali liburan ke luar negeri, 5 tips berikut ini penting untuk kamu perhatikan.

1. Buat daftar tujuan perjalanan. Jangan malas browsing!

Mengunjungi tempat asing tanpa terlebih dahulu mencari informasi yang cukup dapat menimbulkan masalah dalam liburan kamu. Masalah yang mungkin kamu hadapi jika minim informasi salah satu contohnya adalah kesulitan mencapai tujuan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Masalah lain yang mungkin timbul adalah waktu berkunjung yang tidak tepat atau kamu lebih riskan tertipu paket wisata scam. Biasakanlah mencari informasi tentang tempat wisata tujuan sebelum berangkat dan buatlah daftarnya. Dengan membuat itinerary perjalanan, liburan kamu akan menjadi lebih terjadwal dan waktu liburanmu akan lebih efektif. Selain itu kamu juga bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan.

2. Siapkan beberapa copy dokumen penting. Simpan juga di email kamu

Kita tidak pernah tahu hal buruk apa yang akan menimpa kita selama liburan. Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya tas kita dicuri dalam perjalanan, siapkan beberapa copy dokumen penting seperti ID card dan paspor kemudian simpanlah di beberapa tempat yang berbeda. Simpan juga scan dokumen tersebut secara online. Kamu bisa menyimpan dengan aman di email kamu. Kamu pasti tidak ingin kan liburan kamu terganggu dengan masalah imigrasi?

3. Cari tahu kondisi cuaca di negara tujuan agar kamu tidak salah kostum.

Baju apa saja yang sebaiknya kamu bawa selama liburan tentu menjadi salah satu pertimbangan sebelum packing. Apalagi jika kamu akan mengunjungi negara dengan iklim dan cuaca yang berbeda dengan Indonesia. Kamu harus cari tahu kondisi cuaca disana apakah sedang musim panas atau justru musim dingin. Hal ini untuk menghindari agar kamu tidak salah kostum dan kenyamanan liburan kamu tidak terganggu. Nggak banget kan kalau misalnya kamu kedinginan gara-gara hanya membawa pakaian tipis saat liburan di tempat yang sedang mengalami musim dingin?

4. Selalu siapkan uang dalam bentuk tunai.
Kini transaksi dengan menggunakan kartu kredit atau debit memang lebih mudah dan lebih simple. Tapi apa jadinya jika kamu berada di tempat yang tidak memiliki layanan pembayaran non tunai sedangkan uang cash di dompetmu tidak ada sama sekali? Menyiapkan uang tunai secukupnya menjadi hal yang penting saat liburan. Karena tidak semua tempat di negara yang kamu kunjungi menerima pembayaran non tunai, contohnya di pasar tradisional. Kamu juga tidak kesulitan jika harus membayar sesuatu dengan jumlah sedikit, misalnya beli minuman di vending machine, ongkos angkutan atau membeli oleh-oleh di pasar.

5. Pelajari sedikit bahasa dan istilah lokal.

Terkadang tidak semua negara yang kamu kunjungi penduduknya bisa menguasai bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional. Terkadang pula di tempat-tempat wisata hanya terdapat papan informasi atau tanda penunjuk arah dalam bahasa lokal. Hal ini tentu akan membuat kamu kesulitan jika harus mencari petunjuk ke suatu tempat saat liburan. Sekedar mengetahui kata-kata sederhana seperti dimana, terima kasih, atau permisi dalam bahasa lokal dapat sangat membantu kamu saat berlibur di tempat atau negara asing.

ARTIKEL TERKAIT

5 “Surga” Tersembunyi di Jawa Barat yang Tak Pernah Kamu Ketahui! Nama Jawa Barat sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tapi, tahukah kamu kalau provinsi di Pulau Jawa ini mempunyai kekayaan alam yang luar biasa? Y...
7 Cara untuk Berlibur dengan Anggaran Rendah! Liburan memang membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Karena itu, liburan sering dianggap sebagai suatu “kemewahan” untuk banyak orang. Eits, tunggu du...
LoadingSUDAH MENCOBA

Leave a Reply