Ingin Membeli Rumah? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal di Bawah Ini!

LoadingSUDAH MENCOBA

Ingin Membeli Rumah? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal di Bawah Ini
Rumah adalah salah satu dari elemen terpenting dalam kehidupan. Membeli rumah hampir sama rumitnya dengan mencari pasangan hidup karena rumah akan menjadi milik kita selamanya. Memilih rumah yang baik akan cukup menyita waktu dan energi karena kita harus berhati-hati agar tidak salah langkah dan merasa kecewa di kemudian hari. Jadi, sebelum membeli rumah, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal di bawah ini.

1. Rumahmu bukan kekasihmu, jadi jangan andalkan perasaan saat membeli rumah


Membeli rumah berdasarkan emosi semata hanya akan mematahkan hatimu! Jika kamu jatuh cinta pada sebuah rumah, kamu akan berakhir dengan memilih pilihan finansial yang buruk. Ada perbedaan besar antara emosi dan insting. Mengikuti insting artinya kamu mengetahui bahwa kamu berhasil mendapatkan rumah dengan harga yang sepantasnya. Mengikuti emosi adalah saat kamu terobsesi dengan warna cat sebuah rumah dan kamu jadi ingin memiliki rumah tersebut. Rumah adalah investasi, jadi bersikap tenang dan bijaksanalah.

2. Jangan terlalu memikirkan nasihat orang lain


Saat kamu mengumumkan bahwa kamu akan membeli rumah baru kepada keluarga dan teman dekat, mereka akan segera memberikan nasihat-nasihat. Biasanya nasihat-nasihat ini datang dari pengalaman mereka saat membeli rumah. Kesalahan dalam membeli rumah baru adalah mendengarkan nasihat-nasihat ini sepenuh hati. Mengapa begitu? Nasihat yang diberikan oleh mereka biasanya sangat umum atau sangat personal dan bisa memengaruhi keputusanmu dalam memilih rumah idaman. Tetaplah berpegang teguh atas apa yang menurutmu paling baik jadi kamu tidak akan menyesali rumah yang kamu beli.

3. Tetaplah menabung untuk melakukan renovasi agar rumah semakin cantik


Sebaiknya, lihatlah rumah yang baru dibeli sebagai kanvas kosong yang siap kamu renovasi sesuai dengan keinginanmu. Jadi, kamu harus tetap menabung untuk mengganti warna cat, lantai, atap, dan perabot rumah agar rumahmu terlihat lebih bagus dan orisinal. Saran lainnya, saat kamu melakukan survey terutama survey pada rumah bekas, sebaiknya kamu tanyakan apa saja yang harus diperbaiki dari rumah tersebut sehingga kamu bisa mempertimbangkan apakah harga yang ditawarkan sudah sesuai atau belum.

4. Tidak ada rumah yang sempurna jadi jangan sesali pilihanmu saat sudah membelinya


Saat proses pembelian rumah sudah selesai, kamu pasti mulai melihat beberapa kecacatan pada rumah barumu dan kamu akan mudah merasa menyesal. Akan ada rumah-rumah lain yang terlihat lebih bagus dan kamu akan merasa rumahmu kemahalan. Yang perlu kamu lakukan adalah melihat hal positif dari rumahmu dan benar-benar nikmati apa yang kamu miliki. Jangan pernah merasa menyesal dengan keputusan yang sudah kamu ambil.

LoadingSUDAH MENCOBA

Leave a Reply