5 Tips Untuk Membangun Rumah Ramah Lingkungan!

LoadingSUDAH MENCOBA

Saat membangun rumah, biasanya kita sudah membuat rencana yang matang. Tapi, kalau kita bisa ikut berkontribusi menyelamatkan bumi dengan membangun rumah, kenapa tidak?

Pemanasan global mulai mengancam bumi kita. Meski pemanasan global merupakan permasalahan umum, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk ambil bagian dalam penyelamatan bumi ini. Berikut beberapa contoh yang bisa kamu tiru:

 

  1. Mengadopsi Gaya “Vintage”

Old Home in Oregon Illinois

Apa hubungannya sih gaya vintage dengan ramah lingkungan? Vintage berhubungan dengan barang-barang lama atau bekas dan digunakan kembali agar memiliki kesan sudah dari zaman dulu.

 

Dengan menggunakan barang-barang lama, kita tidak perlu membeli mebel kayu baru lagi. Ini berarti kita mengurangi pohon yang ditebang untuk membuat mebel tersebut. Gaya vintage ini sendiri biasanya bisa diadopsi untuk interior rumah. Contohnya, tempelkan kaset-kaset yang sudah tidak berguna untuk menjadi hiasan di tembok. Gaya vintage ini juga dapat diadopsi bagi kamu yang sudah punya rumah! Tunggu apa lagi?

Baca Nanti  Mau Lebih Sehat Tanpa Ribet? Konsumsi Saja 10 Makanan Ini!

 

  1. Menggunakan Energi Alternatif

Ada banyak energi alternatif untuk menggantikan energi listrik. Misalnya, kamu bisa menggunakan sistem yang menghasilkan solar listrik, atau photovoltaic. Energi alternatif dapat didapatkan dengan memanfaatkan tenaga alam.

 

Bahkan, kalau sistemmu lebih hebat lagi, kamu bisa memanfaatkan sinar matahari untuk memenuhi kebutuhan listrik di seluruh rumah!

 

  1. Memanfaatkan Limbah Air

Bottled Water Macros December 02, 20106

 

Air adalah zat yang penting dalam hidup kita, baik untuk minum, mandi, mencuci pakaian, memasak, mencuci piring, dan hal-hal lainnya. Nah, kita dapat membantu menurunkan permintaan air bersih dengan cara memanfaatkan limbah air.

 

Bagaimana caranya?

 

Jawabannya: dengan mendaur ulang air yang digunakan di dapur atau kamar mandi dan memakainya lagi untuk menyiram tanaman, mencuci mobil, atau hal serupa lainnya. Kamu juga dapat mempertimbangkan menampung air hujan agar disaring untuk digunakan sebagai sumber air. Dengan begini, kita akan lebih menghemat air bersih dan mengurangi limbah air kotor.

Baca Nanti  20 Desain Dapur Minimalis agar Istri Rajin Memasak

 

  1. Membangun Taman

 

Dengan membangun taman, kita dapat membantu melestarikan lingkungan. Tidak hanya itu saja, saat kita menanam berbagai tanaman dan pohon, kita sedang membantu proses peresapan air, menjaga kestabilan dan kesuburan tanah, serta menghasilkan oksigen.

 

Sisi positifnya untukmu, rumah akan terasa lebih sejuk karena pohon dapat berfungsi sebagai pelindung panas dan penahan debu.

 

  1. Menciptakan Oase di Halaman Belakang

Morikami Japanese Gardens and Museum 2, Delray Beach, Florida. Nikon D3200. DSC_0731.

Buatlah “oasedi halaman belakang rumah. Di sini, kamu bisa memelihara anjing, kelinci, atau burung. Apalagi jika kamu punya taman di halamanmu, peliharalah binatang dan rawatlah dengan baik untuk ikut membantu menyelamatkan bumi ini. Kamu juga bisa mempertimbangkan membuat rumah burung yang nyaman, supaya halaman rumahmu bisa menjadi oase yang menyegarkan di tengah kesibukan kota.

Baca Nanti  Tak Butuh Waktu Lama Untuk Membersihkan Rumah, Dengan Tips-tips ini Kamu Bisa Melakukannya Kurang Dari 1 Jam!

Mulai dari hal kecil sampai hal-hal yang besar di atas, sebenarnya ada begitu banyak yang dapat kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi ini. Yuk, sama-sama melakukan bagian kita untuk membantu menyelamatkan bumi!

ARTIKEL TERKAIT

Tak Butuh Waktu Lama Untuk Membersihkan Rumah, Dengan Tips-tips ini Kamu Bisa Melakukannya Kurang Da... Membersihkan rumah adalah pekerjaan yang melelahkan. Apalagi bagi kamu ibu rumah tangga yang juga sibuk bekerja di luar atau kamu yang masih tinggal s...
Menyulap Botol Plastik Bekas Menjadi Kreasi Unik! Kita pasti tahu betul bahwa banyak botol plastik terbuang setiap harinya. Tapi pernahkah kamu berpikir, betapa sulitnya botol-botol plastik tersebut t...
Rumah di Bawah Rp 350 Juta di Jakarta? Bisa, Ini Buktinya! Pemilihan Gubernur DKI Jakarta memunculkan banyak polemik. Berbagai tema diperdebatkan, seperti uang muka nol rupiah, atau rumah di bawah Rp 350 juta....
Punya Popok Tidak terpakai? Manfaatkan untuk Hal Berikut! Saat anak memasuki usia tiga tahun, penggunaan popok biasanya akan semakin jarang dilakukan. Padahal, kamu sudah menyediakan cukup banyak popok untukn...
7 Ide Menata Rumah Kecil Anda Agar Lebih Nyaman! Memiliki rumah berukuran kecil bukan halangan untuk membuatnya menjadi lebih nyaman. Dengan pemilihan dekorasi rumah yang tepat, kamu bahkan dapat men...
LoadingSUDAH MENCOBA

Leave a Reply