Tidak Harus Pakai Sumpit, Begini Cara Benar Makan Sushi!

LoadingSUDAH MENCOBA

Salah satu hidangan khas Jepang yang sudah cukup populer di Indonesia adalah sushi. Coba lihat, hampir setiap mall-mall besar di Indonesia sepertinya memiliki satu restoran sushi yang bisa kamu datangi. Tapi, jangan sampai kamu mengaku sebagai penggemar sushi kalau tidak tahu cara memakannya dengan benar, ya!

 

Boleh Pakai Sumpit, Boleh Langsung Comot Pakai Tangan

Bagi kamu yang tidak terbiasa menggunakan sumpit, makan sushi dengan alat tersebut bisa sangat menyusahkan. Tenang, kamu bisa menikmati sushi langsung menggunakan tangan, kok. Misalnya, kamu memesan nigiri. Langsung celupkan saja ke shoyu dengan posisi ikan berada di bawah karena kalau posisi nasi ada di atas, bisa-bisa butiran nasi justru berjatuhan ke tempat shoyu. Oh ya, jangan terlalu lama mencelupkan nigiri ke dalam shoyu karena dapat menghilangkan rasa asli dari sushi itu sendiri.

 

Jaga agar Bagian Nasi Tetap Kering

Ketika kamu mencelupkan bagian sushi ke saus shoyu, pastikan bukan bagian nasi yang kamu celupkan, tapi cari bagian lainnya seperti daging ikan. Kalau kamu mencelupkan bagian nasi ke shoyu, rasa nasi akan berubah asin dan teksturnya bisa rusak karena menjadi lembek. Begitu juga halnya dengan nori atau rumput laut. Nasi dan nori yang lembek tentunya akan membuat sushi tidak lezat lagi untuk dinikmati.

 

Jangan Campur Wasabi dengan Kecap Asin

Jika kamu ingin menambahkan rasa pedas pada sushi, kamu bisa menambahkan wasabi, cabai khas Jepang. Taburkan saja wasabi secukupnya di atas sushi, tapi jangan mencampurkan wasabi ke dalam saus shoyu karena rasanya akan menjadi aneh. Tidak seperti cabai pada umumnya, wasabi akan meninggalkan rasa pedas menyengat di rongga hidungmu, jadi jangan terlalu banyak memakannya jika itu adalah pengalaman pertamamu makan wasabi.

 

Makan Sushi dalam Satu Lahap

Nah, agar kamu bisa menikmati kelezatan sushi secara maksimal, makanlah sushi hanya dalam sekali suap saja. Jika kamu menggigit sushi sebagian, maka gumpalan nasinya akan berjatuhan. Kamu tidak mau malu karena hal tersebut, kan? Baik menggunakan sumpit atau tangan, nikmati sushi dalam satu gigitan pertama dan jangan sampai gulungan sushi pecah karena akan menyusahkanmu untuk menatanya lagi. Jangan biarkan pula sushi menjadi dingin karena akan membuat nori-nya lembek.

 

Jangan Makan Asinan Jahe Bersamaan dengan Sushi

Bagi kamu yang baru pertama kali menikmati sushi, ketahuilah bahwa asinan jahe yang biasanya disediakan di meja restauran berfungsi untuk menetralkan lidahmu. Jadi, asinan jahe seharusnya dimakan di antara jeda menyantap sushi satu dengan yang lain. Sebelum lanjut makan sushi yang kedua, lidahmu sebaiknya sudah dinetralkan dengan jahe sehingga tidak ada after taste dari sushi yang kamu makan sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa menikmati cita rasa sushi seutuhnya. Jadi, jangan makan jahe bersamaan dengan sushi, ya!

 

Sudah siap makan sushi dengan baik dan benar? Mungkin jika kamu menikmati sushi di negara selain Jepang, tata cara tersebut tidak terlalu diperhatikan. Namun, jika kamu berada di negara asal hidangan ini, hal tersebut amatlah penting. Siapa yang tahu kamu akan mengunjungi Jepang suatu hari nanti, kan?

LoadingSUDAH MENCOBA

Leave a Reply