Jangan Cuma Dipakai Buat Belanja, Berikut 5 Fakta yang Kamu Perlu Tahu tentang Desain Uang Rupiah Baru

LoadingSUDAH MENCOBA

Pada tanggal 19 Desember lalu, pemerintah telah secara resmi meluncurkan pecahan uang rupiah baru. Ini adalah kali pertama Indonesia memunculkan uang baru secara sekaligus sebanyak sebelas pecahan. Desainnya pun juga sama sekali berbeda dengan pecahan sebelumnya. Dalam masing-masing pecahan uang tersebut terdapat gambar pahlawan. Nah, apakah kamu sudah mulai memakai pecahan uang yang baru ini? Jangan hanya dipakai untuk belanja, yuk ketahui lima fakta unik tentang desain uang rupiah baru!

Penyempurnaan Fitur Kode Tuna Netra

(Photo credit: pertamax7.com)

Bukan hanya desainnya saja yang diperbarui, tapi ada juga kode tuna netra yang telah disempurnakan. Untuk membantu penderita tuna netra mengenali nilai pecahan, Bank Indonesia melengkapi uang rupiah dengan kode tuna netra. Nah, kali ini pecahan uang rupiah hadir dengan kode tuna netra yang telah disempurnakan. Hal ini dilakukan dengan menambahkan efek rabaan (tactile effect) pada desain blind code. Dengan begitu, penderita dapat membedakan nominal pecahan dengan lebih mudah.

Baca Nanti  5 Prediksi Tanda Kiamat yang Super Aneh Tapi Anehnya Masuk Akal, Percaya?

Adanya Makna Tersendiri

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa di setiap pecahan terdapat gambar pahlawan, ternyata bukan tanpa alasan uang rupiah baru didesain seperti itu. Tentu saja tujuannya adalah untuk mengenalkan generasi muda pada pahlawan-pahlawan Republik Indonesia yang telah berjasa. Selain gambar pahlawan, ada juga gambar pemandangan alam untuk menunjukkan keanekaragaman budaya dan kekayaan Indonesia.

7 Pecahan Uang Kertas 4 Keping Uang Koin

(Photo credit: waktuku.com)

Tak hanya uang kertas, ada pula uang logam. Sebanyak sebelas desain baru yang dikeluarkan terdiri dari tujuh uang kertas dan empat uang logam. Untuk uang kertasnya terdiri dari pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000. Sedangkan uang logamnya ada nominal Rp100, Rp200, Rp500, dan Rp1000.

Baca Nanti  Inilah 5 Brand Jam Pria Termahal di Dunia. Berminat Punya?

Terbuat dari Bahan Khusus Berserat Kapas

(Photo credit: waktuku.com)

Kamu pastinya tahu kalau setiap pecahan uang kertas kita memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dari besarnya nilai mata uang. Begitu pun juga dengan uang rupiah yang baru ini. Meski ukurannya berbeda, ketujuh pecahan mata uang tersebut bahannya terbuat dari serat kapas khusus. Jadi jangan disamakan dengan kertas biasa yang mudah basah dan sobek, ya.

Tampilkan Wajah Pahlawan Nasional

(Photo credit: indoberita.com)

Kamu bisa melihat wajah presiden pertama RI dan wakilnya di pecahan uang seratus ribu. Untuk pecahan lima puluh ribu ada gambar Ir. Djuanda Kartawidjaja. Di pecahan dua puluh ribu dengan warna dominan hijau yang masih sama seperti sebelumnya, kamu bisa melihat Dr. Sam Ratulangie. Selanjutnya ada gambar Frans Kaisiepo pahlawan dari Papua di pecahan sepuluh ribu. Di pecahan lima ribu, dua ribu, dan seribu berturut-turut ada Dr. Idham Khalid, M.H. Thamrin, dan Cut Nyak Meutia.

Baca Nanti  Wah, Film Ada Apa dengan Cinta Ternyata Akan Dibuat Trilogi!

Karena masih terhitung baru, jumlah peredaran uang baru ini juga belum begitu banyak. Peredaran uang di Indonesia saat ini masih didominasi oleh desain lama. Bagaimana menurutmu mengenai desain uang rupiah baru emisi 2016? Apakah kamu menyukainya?

LoadingSUDAH MENCOBA

Leave a Reply