Fakta Unik Tentang Buta Warna yang Anda Tidak Tahu

LoadingSUDAH MENCOBA

Apa yang Anda ketahui tentang buta warna? Sindrom yang satu ini memang sudah jamak ditemukan di kalangan masyarakat. Bahkan, beberapa orang baru sadar bahwa dirinya memiliki kelainan seperti ini ketika sudah dewasa. Ada banyak fakta menarik dan unik yang bisa Anda ketahui mengenai buta warna. Apa saja?

Buta warna lebih sering terjadi pada laki-laki

Pada dasarnya buta warna dapat terjadi baik kepada laki-laki maupun perempuan. Namun faktanya, penderita buta warna lebih banyak dialami oleh laki-laki. Ada 1 dari 12 laki-laki yang mengalami buta warna. Sedangkan untuk perempuan, cukup langka, yakni hanya 1 kasus dari 200 orang.

Bukan hanya hitam putih yang dilihat oleh penderita

Bagi orang yang tidak buta warna, mungkin mereka akan langsung mengasumsikan bahwa penderita sindrom tersebut hanya bisa melihat hitam dan putih seperti pada mesin fotokopi. Tak jarang orang langsung bertanya mengenai warna apa yang dilihat oleh penderita. Memang tak sepenuhnya salah, karena pada dasarnya ada orang yang menderita buta warna total dan hanya melihat hitam dan putih. Namun faktanya, jumlah orang dengan jenis buta warna ini sangat sedikit bahkan cenderung langka.

Kebanyakan orang dengan buta warna masih bisa melihat warna. Namun sering kali mereka sulit membedakan warna-warna tertentu, misalnya merah dan hijau.

Bisa jadi bukan karena genetik

Faktor utama buta warna memang disebabkan karena keturunan. Meski demikian, buta warna bisa juga terjadi karena kerusakan retina, penyakit mata atau proses penuaan seseorang. Dengan kata lain, orang dengan kondisi mata normal bisa saja menderita sindrom ini.

Buta warna bisa terjadi hanya pada salah satu mata

Meski tergolong langka, namun buta warna tidak selalu terjadi di pada kedua mata. Kasus buta warna sebelah bisa terjadi.

Beberapa negara melarang pengemudi buta warna

Penderita buta warna di beberapa negara seperti Rumania dan Turki tidak akan memperoleh surat izin mengemudi. Pasalnya, pemerintah setempat percaya bahwa penderita buta warna akan sulit membedakan lampu lalu lintas secara akurat.

Mark Zuckerberg adalah salah satu orang terkenal yang buta warna

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, adalah salah satu orang terkenal yang memiliki sindrom buta warna. Ini juga alasan yang melatar belakangi dipilihnya warna biru sebagai logo jejaring sosial ini, dimana Mark memiliki buta warna merah-hijau.

Tes buta warna penting dilakukan untuk sejumlah pekerjaan

Sejumlah pekerjaan mewajibkan pelakunya untuk melakukan tes buta warna. Penjaga pintu kereta api misalnya, wajib untuk mengetahui perbedaan warna secara jelas agar tidak membahayakan kereta api dan pengguna jalan lain. Di Indonesia sendiri, tes buta warna wajib dilakukan sebagai bagian tes kesehatan di berbagai instansi.

Beberapa hewan normalnya buta warna

buta warna
Mata lebah dapat melihat lebih banyak warna daripada manusia normal.

Bukan hanya manusia yang dapat mengalami sindrom ini, beberapa hewan bahkan ‘normalnya’ memiliki kondisi penglihatan buta warna. Anjing, kucing dan kelinci adalah yang paling banyak menderita hal tersebut. Umumnya, mereka hanya mampu melihat bayangan abu-abu. Sebaliknya, serangga seperti lebah dan kupu-kupu memiliki penglihatan yang mampu melihat lebih banyak warna dibandingkan manusia.

Buta warna tidak bisa diobati

Hingga saat ini tidak ada obat untuk menyembuhkan buta warna. Namun bagi penderita buta warna sebagian, tersedia kacamata khusus yang bisa digunakan untuk memperbaiki kemampuan melihat warna dan dijual bebas di pasaran.

Mengetahui fakta-fakta unik mengenai buta warna tentu saja menambah wawasan terhadap sindrom ini. Meski dapat dibilang sebagai sebuah sindrom, namun bukan berarti hal ini menjadi penghalang bagi setiap penderitanya untuk bisa berkarya dan berprestasi lebih dari orang normal. Andakah salah satunya? Jangan sedih, Anda tidak sendirian!

ARTIKEL TERKAIT

20 Hal Aneh yang Bisa Diungkap dari Bentuk Anggota Tubuh Kamu Apakah kamu memiliki jempol kaki yang panjang? Mungkin, wajah yang tidak simetris, atau bulu mata yang panjang. Bahkan tinggi dan pendek tubuh kamu, j...
LoadingSUDAH MENCOBA