Kamu Mau Sukses, Ikuti 10 Cara Mudah Jadi Pede Banget Ini

LoadingSUDAH MENCOBA

Kepercayaan diri akan membantu meraih kesuksesan. Sayangnya, banyak hal yang bisa menghalangi kepercayaan diri. Perasaan tidak aman dan kecemasan mendominasi. Terutama, pada mereka yang harus menjalani kehidupan yang tak diinginkan, dan tidak cukup percaya diri menghentikannya. Sebenarnya, ada beberapa cara mudah jadi pede yang bisa kamu jalani.

“Sukses yang saya jalani sekarang dengan Skybell, tidak akan mungkin diraih dengan pola pikir lama saya,” kata Andrew Thomas, pendiri Skybell Video Doorbell dalam pengakuannya di Inc. “Sekarang di usia 32 tahun, saya bisa melihat dengan jelas perubahan dari pola pikir negatif ke sukses, adalah setelah saya lebih percaya diri.”

Saat memiliki kepercayaan diri besar, kamu akan merasa seperti bisa merengkuh dunia. “Kamu tiba-tiba merasa dikelilingi orang-orang sukses dan percaya diri. Kesempatan seperti datang pada kamu, dan jalan menuju kesuksesan terbentang lebar begitu mudah dijalani,” ujarnya. Berikut ini, adalah 10 cara mudah jadi pede banget yang diberikan Andrew:

1. Tentukan tujuan

cara mudah jadi pede
Tetapkan tujuanmu (foto: theemotionmachine)

Sulit untuk bisa percaya diri dengan apa yang kamu lakukan, jika kamu tidak yakin mengapa kamu melakukannya. Apa tujuan kamu dalam pekerjaan dan hidup? Saat kamu bisa mengenali dua hal tersebut, kamu akan dapat lebih percaya diri, karena kamu datang dari sebuah tempat dengan tujuan.

Baca Nanti  5 Prinsip Gila Bob Sadino untuk Membantumu Sukses dan Kaya

2. Jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain

Hampir di setiap kasus, hasilnya bakal negatif saat kamu membandingkan diri dengan orang lain. Kamu hanya menemukan hal-hal, di mana kamu kurang baik dalam melakukannya. Melakukannya cuma akan melemahkan kepercayaan diri. Satu-satunya orang yang perlu kamu bandingkan adalah diri kamu, dengan versi diri kamu yang ingin diwujudkan. Hanya itu!

3.  Fokus pada solusi

cara mudah jadi pede
Temukan solusi (foto: crooksandliars)

Tantangan akan selalu ada. Tapi, fokus hanya pada masalah adalah jalan menuju kekalahan. Apa yang harus kamu lakukan, adalah mengenali masalah yang bakal datang. Saat masalah datang, fokus untuk menemukan solusi sebagai seorang pemimpin yang kuat. Semakin banyak masalah yang bisa kamu atasi, semakin besar percaya diri yang bisa kamu bangun, dan lebih mudah juga kamu menemukan solusi.

4. Kedepankan kelebihan yang kamu miliki

cara mudah jadi pede
Perlihatkan kelebihanmu (foto: projectlifemastery)

Kadang kita menghabiskan lebih banyak waktu memikirkan kekurangan, daripada menghargai kekuatan yang kita miliki. “Saya jelas setuju dengan pentingnya memperbaiki kekurangan. Tapi, kamu akan menemukan bagaimana kepercayaan diri meningkat, saat kamu mengedepankan kelebihan yang kamu miliki,” ucap Andrew.

Baca Nanti  5 Pertanyaan yang Perlu Kamu Tanyakan ke Diri Sendiri Sebelum Memulai Bisnis Franchise

5. Palsukan sampai kamu mewujudkannya

cara mudah jadi pede
Percayalah (foto: life-with-confidence)

Jika kamu menderita sindrom mengasihani diri, keyakinan bahwa kamu tidak bagus dalam berbagai hal, berpura-pura saja dulu merasa percaya diri. Terus dorong pikiran positif bahwa kamu sudah sukses. “Pada akhirnya pikiran kamu akan mengikuti perasaan, dan kamu akan menjadi orang yang lebih percaya diri,” tegas Andrew.

6.  Lakukan saja!

cara mudah menjadi pede
Ketakutan bisa melumpuhkan (foto: Huffington Post)

Ketakutan bisa melumpuhkan. Abaikan suara-suara di kepala kamu, yang mengatakan bahwa kamu tidak bisa melakukan sesuatu. Segera ambil tindakan, lakukan saja! Semakin kamu biarkan ketakutan menghalangi, semakin kuat suara negatif mempengaruhi kamu. Terjadi juga pada situasi sebaliknya. Bungkamlah suara negatif di kepala kamu dengan lebih banyak tindakan.

 

7. Hargai diri kamu dengan penampilan yang baik

Saat kamu tampil baik, kamu juga akan merasa baik Jika kamu merasa baik, kamu akan merasa percaya diri. Pakailah pakaian yang ingin kamu kenakan, berinvestasilah pada penampilanmu dan kamu akan berinvestasi pada kesuksesanmu.

8. Fokus pada hal positif

cara mudah jadi pede
Tetap positif (foto: thebridgemaker)

Pesimisme dan pemikiran negatif adalah lingkaran setan, yang menguras kepercayaan diri kamu. Fokus pada hal-hal positif, ketimbang berkutat dengan kekurangan. Fokus pada pencapaianmu daripada ketakutan akan kegagalan. Terus fokus pada apa yang bisa dijalankan, ketimbang mengkhawatirkan kegagalan.

Baca Nanti  Punya Popok Tidak terpakai? Manfaatkan untuk Hal Berikut!

9. Selalu siap

Sukses adalah bagian dari persiapan dan peluang. Pelajari, praktikkan, dan lakukan apa yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri kamu, jika kesempatan yang tepat datang ke hadapanmu. Saat kamu dalam keadaan siap, kamu akan memiliki kepercayaan diri lebih besar untuk mengkapitalisasikan kesempatan.

10. Rangkul kekuatan bahasa tubuh

cara mudah menjadi pede
Rasakan perubahan mood (foto: thechangeblog)

Bahasa tubuh bisa berbicara lebih tegas daripada kata-kata. Saat kamu terperangkap dalam situasi menyesali diri, coba rubah postur. Tarik bahu ke belakang, angkat dagu, berdiri dengan kedua kaki terbuka lebar. Angkat kedua tangan ke udara, seolah kamu seorang superhero. Rasakan bagaimana dengan cepat mood kamu berubah, dan kepercayaan diri kembali bangkit.

Terakhir. Tidak ada solusi ajaib, yang bisa merubah kamu jadi orang penuh percaya diri dalam sekejap. Namun, saat kamu fokus membuat langkah-langkah kecil dengan konsisten, kamu bisa merubah diri menjadi seseorang yang memiliki pola pikir luar biasa. Membangun kepercayaan diri seperti membangun momentem.

Teruslah bertindak, dan kamu akan merasa lebih percaya diri, pada setiap langkah positif yang kamu lakukan. Tidak sulit untuk menjalani 10 cara mudah jadi pede ini, kan?

ARTIKEL TERKAIT

Anak Bungsu Bisa Punya Masa Depan Lebih Cerah daripada Anak Sulung! Alasannya… Stereotype bahwa anak bungsu kebanyakan adalah anak manja dan tidak bisa memiliki masa depan yang cerah harus dipatahkan dari sekarang. Soalnya, studi...
6 Trik Psikologis yang Bisa Membuat Orang Membeli Apa pun   Pesan kerap dianggap, sebagai poin terpenting yang mempengaruhi orang lain. Robert Cialdini dalam bukunya: “Pre-Suasion: A Revolutionary Way...
5 Prinsip Gila Bob Sadino untuk Membantumu Sukses dan Kaya Nama Bob Sadino mulai dikenal ketika bisnis telur ayam negeri berkembang di Indonesia. Ia kemudian melebarkan sayap bisnisnya ke area supermarket, bah...
Cegah Kantuk di Kantor Setelah Makan Siang Tanpa Minum Kopi! Tentunya, kamu pernah merasa kekenyangan dan sangat mengantuk setelah makan siang bersama teman-teman kantor. Ketika sampai di kantor, badan pun lesu ...
Oxford: Dua Dekade Lagi, 47% Pekerjaan Kelas Menengah-Bawah akan Hilang   Sederet lapangan kerja baru muncul, seiring perkembangan industri dan teknologi. Dua atau bahkan satu dekade lalu, mungkin belum terpikir pr...
Belajar Jadi Bos yang Hebat dengan Mengatakan 7 Kalimat Singkat Ini Seorang pemimpin memiliki kekuatan, untuk membuat orang-orang yang dipimpinnya menjadi termotivasi atau tidak. Kamu mungkin pernah membayangkan, bisa ...
Hati-Hati! Perfeksionis dalam Bekerja Bisa Membawa Kegagalan Dalam bekerja, tentu saja tiap orang perlu berusaha mencapai target yang diinginkan. Banyak pula yang kemudian berambisi untuk selalu menjadi pekerja ...
Inilah 6 Tanda Susah Kaya yang Perlu Kamu Hindari Miliuner Steve Siebold berucap, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kekayaan. Jangan percaya, itu tidak akan selalu terbukti! Kenya...
4 Kata Ajaib Bikin Orang Mengatakan Ya Bikin orang mengatakan ya sama kamu kerap bisa bikin pusing. Kadang, butuh percakapan bertele-tele, apalagi kalau lawan bicara kamu orang yang keras k...
Hanya 1 Jam Sehari, Bill Gates Melakukan Hal Ini sebagai Kunci Sukses Sudah lama bekerja, tapi tidak juga melihat adanya perkembangan dalam karier. Saat teman-teman kerja menunjukkan peningkatan, kamu stuck di level yang...
LoadingSUDAH MENCOBA

One Comment

Comments are closed.