Lulus S1, Kerja atau S2? Pilih dengan Bijak, Yuk!

LoadingSUDAH MENCOBA

Lulus S1, mungkin kamu ingin lanjut S2 untuk mendapatkan gelar pendidikan yang lebih tinggi. Tapi, masuk ke dunia kerja juga menggiurkan untuk memperoleh banyak pengalaman dan memiliki penghasilan sendiri. Sebelum memilih, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini sebagai pertimbangan. Supaya kamu juga bisa memilih dengan bijak dan tidak menyesal kemudian hari.

Menyesuaikan jurusan yang diambil

Jika kamu mengambil jurusan di bidang science, memilih S2 daripada kerja akan mengembangkan pengetahuan dan membuat kamu menjadi seorang ahli. Karena untuk bidang science, biasanya S1 hanya mengajarkan dasar-dasarnya. Di sisi lain, jika kamu mengambil ilmu sosial atau ekonomi, langsung kerja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjadikan kamu seorang ahli.

Lanjut S2 bisa membantu menetapkan karier

Meski tergiur untuk langsung kerja, banyak lulusan S1 bingung atau tidak tahu ingin berprofesi sebagai apa. Dengan menempuh S2 terlebih dahulu, kamu akan terbantu untuk menentukan profesi yang cocok untuk dijalani. Karena setelah lulus S2, seseorang bisa lebih dewasa dan memiliki pemahaman yang jauh lebih dalam tentang bidang yang ia perlajari. Dari situ, ia bisa memilih secara spesifik karier seperti apa yang cocok untuknya.

Menemukan passion saat bekerja

Pengalaman di lapangan yang didapat di dunia kerja juga sangat berharga. Banyak lulusan S1 yang langsung kerja mencoba berbagai macam profesi. Banyak pula yang mencari pengalaman di berbagai perusahaan. Dengan begitu, ia akan menemukan passion terbesarnya dan menggelutinya sebagai profesi. Setelahnya, ia juga bisa mengembangkan passion-nya itu dengan mendalaminya lewat pendidikan S2.

Kriteria pekerja di perusahaan yang dituju

Sebagian besar perusahaan memasukkan lulusan S1 sebagai kualifikasi wajib karyawannya. Meski begitu, untuk beberapa perusahaan ada pula yang menuntut S2 untuk karyawannya. Di sisi lain, perusahaan juga mementingkan pengalaman daripada jenjang pendidikan. Ada perusahaan yang cenderung tidak memilih lulusan S2 tanpa pengalaman kerja untuk menjadi karyawan mereka. Fresh graduate pun banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar.

Biaya S2 relatif mahal

Biaya juga wajib menjadi pertimbangan. Karena biaya S2 lebih mahal dari S1, maka pastikan kamu siap secara finansial jika memang memutuskan lanjut S2. Bisa diperoleh dari sokongan orang tua atau bekerja dulu untuk tabungan biaya S2.

Bekerja mengajarkan mandiri

Dia yang putuskan langsung kerja setelah lulus S1 tentunya harus siap untuk mandiri. Terutama, mandiri secara finansial. Saatnya pula membuat perencanaan jangka panjang dalam hal keungan. Terjun ke dunia kerja juga mengharuskan kita untuk menanggung tanggung jawab yang besar dan berhenti bergantung kepada orang-orang sekitar.

ARTIKEL TERKAIT

3 Profesi Bergaji Tinggi Ini Pekerjaannya Sangat Menyenangkan, Mau Mencoba? Kamu pasti pernah merasakan jenuh ketika harus berangkat ke kantor. Pekerjaan yang terkadang membosankan, membuatmu merasa ingin bolos kerja saja. Tap...
Hati-Hati! Perfeksionis dalam Bekerja Bisa Membawa Kegagalan Dalam bekerja, tentu saja tiap orang perlu berusaha mencapai target yang diinginkan. Banyak pula yang kemudian berambisi untuk selalu menjadi pekerja ...
5 Trik Psikologis Sederhana yang Harus Kamu Perhatikan Agar Lolos Wawancara Kerja Sebagai seseorang yang sedang bersemangat menunggu panggilan kerja, tentu kamu akan merasa begitu bahagia ketika akhirnya mendapatkan undangan untuk w...
LoadingSUDAH MENCOBA