3 Hal Pada Bayi yang Baru Lahir yang Sering Bikin Panik Orang Tua

on
LoadingSUDAH MENCOBA

Saat anak yang dinanti kehadirannya lahir ke dunia, pasti sebagai orang tua kamu akan merasa senang luar biasa. Didasari oleh perasaan senang ini, tak jarang orang tua yang kemudian menjadi overprotektif, ibaratnya tidak ada satu nyamuk pun yang boleh menggigit bayi baru lahir mereka. Wajar bila hal tersebut terjadi karena memang sudah naluri manusia untuk jadi seperti demikian.

Tak terkecuali dengan hal-hal berikut ini. Mendengarnya saja mungkin kamu akan sedikit bergidik. Banyak orang tua yang bahkan merasa panik ketika hal-hal di bawah ini terjadi pada anak mereka. Apa saja hal tersebut?

Berhenti bernapas selama beberapa detik

Ketika sedang asyik menidurkan bayi, tiba-tiba tak terdengar lagi napas bayi selama beberapa detik. Banyak orang tua yang langsung panik ketika terjadi hal seperti ini pada bayi baru lahir mereka. Gangguan pernapasan atau ISPA adalah yang paling ditakuti terjadi pada anak mereka.

Jangan panik bila hal ini terjadi karena memang normal adanya. Pernapasan pada bayi pada dasarnya mengambil jeda selama beberapa detik yang secara medis disebut dengan periodic breathing. Jeda ini juga tidak akan mengubah irama jantung atau bahkan membuat bibir bayi membiru karena kurang oksigen. Fenomena ini pun akan hilang dengan sendirinya ketika usia bayi menginjak 2 bulan.

Keluar darah dari kemaluan bayi perempuan

Belum genap seminggu, tiba-tiba bayi perempuan kamu mengeluarkan darah seperti haid dari kemaluannya tanpa sebab. Beragam pikiran negatif pun muncul sehingga perasaan cemas muncul. Kamu pun merasa panik dan buru-buru menghubungi dokter anak.

Tenang, kamu bukan satu-satunya orang yang melakukannya. Faktanya, hal ini memang bisa saja terjadi pada bayi perempuan yang baru lahir. Bahkan, bayi tidak perlu penanganan khusus atau pemberian obat-obatan tertentu karena nanti akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu 2-3 hari. Beberapa sampai 3 minggu, namun sangat jarang.

Hal ini disebabkan oleh hormon estrogen yang didapat dari ibu selama masa kandungan. Tak ada gangguan tertentu dari organ dalam perut atau kelainan di daerah kemaluan yang mungkin kamu curigai jadi penyebabnya. Bila kamu tetap ragu bahwa bayi dalam kondisi baik dan sehat, boleh saja untuk berkonsultasi dengan dokter anak.

Turun berat badan

Orang tua sering kali memerhatikan kesehatan bayi mereka dari berat badannya. Normalnya memang berat badan bayi baru lahir akan terus bertambah, namun bukan berarti hal tersebut akan terjadi pada semua bayi. Di minggu pertama, bayi bisa kehilangan 5-10 persen berat badan meskipun setiap saat menyusu. Hal ini tidak lain karena bayi kehilangan cairan dari mekonium dan normal adanya. Di minggu kedua, bobot bayi akan kembali seperti semula bahkan bertambah.

Mekonium sendiri merupakan kotoran atau feses yang dihasilkan bayi selama dalam rahim. Cairan ini sering kali berwarna hijau kehitaman dan sering kali muncul di minggu pertama usia bayi. Justru, hal ini merupakan pertanda bahwa pencernaan bayi dalam kondisi sehat.

 

 

 

ARTIKEL TERKAIT

Menyambut Kelahiran Buah Hati, Sudahkah Anda Menyiapkan Perlengkapan Bayi Baru Lahir Berikut Ini? Salah satu hal yang paling ditunggu pasangan suami istri yang baru menikah adalah kehamilan dan kelahiran sang buah hati. Mungkin banyak di antara kal...
Box Bayi Bisa Sebabkan Sindrom Kematian Bayi Mendadak, Benarkah? Pada umumnya, bayi yang baru lahir hingga menginjak usia tertentu akan ditempatkan di dalam box bayi. Box bayi dianggap lebih aman untuk menidurkan ba...
5 Konsep Foto Unik yang Akan Membuat Bayimu Terlihat Semakin Lucu dan Menggemaskan Mungkin bisa dibilang gara-gara ada Instagram, orang tua zaman sekarang akan berusaha keras untuk menghasilkan foto bayi lucu agar bisa di-share di sa...
Sebentar Lagi Mau Punya Anak Laki-laki? Kalau Masih Bingung Pilih Nama, Yuk Lihat Inspirasi Nama Ana... Mempersiapkan nama seorang anak memang terkadang menjadi momen yang cukup menegangkan sekaligus haru. Mau laki-laki atau perempuan, memilihkan nama un...
LoadingSUDAH MENCOBA