4 Karakter yang Bikin Perusahaan Sulit Melepas Kamu

on
LoadingSUDAH MENCOBA

Pengetahuan hanya potensi. Kekuatan sebenarnya adalah melakukan dan menciptakan. Jika hanya tentang pengetahuan, kita semua jadi miliuner dengan perut sixpack, karena tahu apa yang harus dilakukan.

Di beberapa perusahaan, ada orang-orang yang bisa maju begitu cepat kariernya. Mereka tidak punya gelar pendidikan sarjana, master, apalagi doktor. Tapi, mereka memiliki karakter yang bikin perusahaan sulit melepas, bahkan tergantung pada mereka.

Menurut statistik, seperti dikutip dari Inc, di Amerika Serikat situasi semakin sulit untuk maju tanpa gelar sarjana. Pada 2015, tercatat bahwa mereka dengan gelar pendidikan, 56 persen lebih sukses dari yang tidak, yang merupakan kesenjangan terburuk dalam empat dekade terakhir.

Di Indonesia situasinya tidak jauh beda. Sebenarnya, pendidikan semakin baik, malah ada ungkapan banyak sarjana saja menganggur, apalagi yang bukan sarjana? Faktanya, tidak sedikit yang sukses, walau mereka tidak memiliki gelar pendidikan. Apa kuncinya?

Yuk, belajar dari pengalaman Susie Moore, warga Inggris yang sukses mengadu nasib di AS tanpa gelar pendidikan formal. Moore mengalami kegagalan, dalam pengalaman bekerja pertamanya sebagai seorang staf administasi, sebelum menemukan kesuksesan dalam di bidang penjualan.

Kini Moore berbagi tip yang membuatnya sukses, dengan menyimpulkan pentingnya empat karakter ini kamu miliki:

1. Kemampuan membangun jaringan

karakter yang bikin perusahaan sulit melepas
foto: careerbliss.com

Moore mengaku bahwa nama besar universitas dalam resume, bisa sangat membantu kamu memasuki pintu karier. Tapi, walau gelar itu bagai perhiasan, sebenarnya jauh dari dari esensial. Keahlian membangun jaringan, dapat memperbaiki kekurangan dalam hal gelar pendidikan.

“Perusahaan membuat keputusan perekrutan melalui orang-orang (HRD), semua dilakukan melalui orang-orang. Jadi, kenal dengan sebanyak mungkin orang yang kamu bisa. Jaringan bekerja dengan sangat baik. Orang-orang yang berhasil, membuat pertemanan di mana pun.” ujar Moore.

2. Komitmen belajar seumur hidup

karakter yang bikin perusahaan melepas
foto: sueklett.wordpress.com

Moore mungkin tidak punya gelar pendidikan, tapi dia punya rak besar dipadati sangat banyak buku. “Saya selalu membawa buku. Saat saya menunggu antrian dokter, membayar makanan, saya selalu membaca. Saya tidak mau hanya mengecek media sosial dan reaktif,” ucapnya.

Komitmen untuk selalu belajar, sangat esensial jika kamu mau menemukan kesuksesan tanpa gelar pendidikan formal. Teknologi telah memudahkan kamu melakukannya, jauh dari sebelumnya. “Cukup mendengarkan podcast pendidikan, saat kamu berlari di treadmill misalnya. Saya selalu membuatnya mudah,” kata Moore.

3. Pola pikir tanpa batas

karakter yang bikin perusahaan sulit melepas
foto: addicted2success.com

Sangat mudah bagi mereka yang tidak punya gelar pendidikan tinggi, untuk merasa tidak bersemangat. Moore mengatakan, sikap negatif itu merupakan jalan mewujudkan ramalan buruk. “Tidak ada atap, batasan ada karena kamu yang menciptakannya,” ujar Moore. Bongkarlah batas, itu dari benak kamu.

4. Tindakan lebih penting

karakter yang membuat perusahaan sulit melepas
foto: cray.com

Pada akhirnya, setiap pekerja direkrut untuk alasan yang sama, bahwa mereka memiliki keahlian yang berguna bagi perusahaan. “Keahlian yang membuat kamu bisa membayar semua tagihan. Pengetahuan adalah luar biasa, pola pikir penting, tapi pada akhirnya yang membuat kamu maju, dengan atau tanpa gelar, adalah performa nyata,” katanya.

“Pengetahuan hanyalah kekuatan potensial. Kekuatan sebenarnya adalah pada melakukan dan menciptakan. Jika segalanya hanya tentang pengetahuan, kita semua akan menjadi miliuner dengan perut sixpack, karena kita semua tahu apa yang harus dilakukan. Tidak ada substitusi untuk tindakan,” ujar Moore.

LoadingSUDAH MENCOBA