Beginilah Evolusi Manusia 200 Ribu Tahun Lagi: Aneh dan Lemah!

on
LoadingSUDAH MENCOBA

Bila mengacu pada teori terkenal Charles Darwin, setiap makhluk hidup mengalami evolusi seiring berjalannya waktu dan mungkin butuh ratusan ribu tahun untuk bisa menemukan perbedaannya. Tapi, yang namanya manusia, tentu kamu juga penasaran bagaimana sosok manusia di masa yang akan datang. Memang sulit untuk mengetahui secara pasti bagaimana evolusi manusia masa depan. Yang bisa kita lakukan adalah melakukan prediksi.

Bila peradaban manusia berkembang ke arah yang sama seperti saat ini, berikut ini setidaknya ciri-ciri evolusi manusia 200 ribu tahun yang akan datang.

Hanya ada satu ras

Masyarakat modern tentu lebih menghargai multikulturalisme ketimbang sekarang. Tak heran bila nantinya manusia akan berevolusi menjadi satu ras yang sama, mengingat saat ini sudah banyak pernikahan antar ras yang menghasilkan keturunan percampuran antar satu ras dengan ras lain. Manusia akan kehilangan perbedaan ras satu dengan yang lain dan perpecahan karena ras tidak akan terjadi.

Pengecilan otot

Ada dua kemungkinan penyebab yang akan memengaruhi pengecilan otot manusia di masa yang akan datang. Pertama, ketergantungan manusia akan teknologi, khususnya mesin, untuk melakukan pekerjaan kasar (yang membantu perkembangan massa otot) akan meningkat. Akan semakin sedikit orang yang tergantung pada kekuatan fisik sehingga akan semakin banyak manusia yang lemah.

Baca Nanti  5 Cerita Misteri Gunung Semeru yang Akan Bikin Kamu Merinding

Kemungkinan kedua adalah karena seringnya manusia melakukan perjalanan ke luar angkasa. Karena terlalu sering menjelajah galaksi, manusia dapat kehilangan massa otot karena terbatasnya ruang gerak. Bahkan mungkin, mereka akan tergantung pada kursi roda untuk bisa bergerak.

Bertambahnya tinggi rata-rata

Dalam dua abad terakhir, pertumbuhan tinggi manusia tumbuh sangat cepat. Di lebih dari 150 tahun terakhir saja, rata-rata tinggi manusia meningkat hingga 10cm. Banyak yang menduga bahwa penyebab utama bertambah tingginya manusia saat ini adalah karena melimpahnya nutrisi pada masing-masing manusia. Sederhananya, semakin banyak seorang anak kecil memenuhi nutrisinya, maka semakin baik pula pertumbuhannya.

Hilangnya rambut

Manusia akan jadi spesies yang semakin botak seiring berjalannya waktu. Wanita, khususnya, lebih suka bila beberapa bagian tubuhnya tidak ditumbuhi bulu. Wanita akan berevolusi menjadi sosok yang demikian di masa depan. Pria juga tidak terkecuali, namun perubahan tersebut sepertinya lebih lambat karena tidak adanya tekanan sosial untuk menjadi demikian.

Baca Nanti  Mari Berubah! Jangan Lagi Melakukan 5 Hal Ilegal yang Sudah Jadi Kebiasaan Ini

Gigi yang lebih kecil

Gigi geraham akan menghilang karena tidak berguna di kehidupan manusia modern. Selain menghilangnya gigi geraham, bagian gigi yang lain juga akan mengecil. Hal ini juga terlihat pada evolusi manusia sekarang dibandingkan manusia 100.000 tahun yang lalu dimana saat ini gigi manusia berukuran setengahnya saja dari gigi manusia purba. Tak hanya gigi, rahang manusia juga menyusut. Hal ini tidak lain karena manusia sudah tidak perlu lagi menggigit makanan-makanan keras.

Jari kaki yang lebih sedikit

Sebelum manusia berjalan tegak, jari kaki digunakan untuk menggenggam sesuatu layaknya tangan kita sekarang. Namun karena manusia jarang memanjat dan lebih sering berjalan, jari kaki perlahan menyusut ke ukuran saat ini. Saat ini, jari kaki manusia sudah tidak bisa menggenggam sesuatu, bahkan ranting pohon sekecil apapun. Seiring berjalannya waktu, jari kaki manusia akan menyusut dan menghilang.

Baca Nanti  Senjata Konyol Ini Efektif Kalahkan Gajah Perang Di Peperangan Zaman Romawi Kuno

Ukuran tengkorak manusia yang mengecil atau membesar

Ada dua kemungkinan tentang ukuran kepala manusia di masa yang akan datang. Kemungkinan pertama, kepala akan mengecil. Hal ini berhubungan dengan kemampuan manusia untuk melahirkan. Kepala yang berukuran lebih kecil akan mudah untuk bisa melahirkan dengan cepat dan mudah serta kemungkinan bayi selamat yang lebih besar.

Namun, hal tersebut dengan cepat disanggah oleh kemampuan operasi caesar yang sekarang membawa keuntungan bagi bayi berkepala besar untuk bisa lahir dengan kemungkinan selamat lebih tinggi. Faktanya bahkan, operasi caesar di masa yang akan datang akan lebih aman sehingga kemungkinan selamat bayi dengan kepala kecil yang dilahirkan secara normal jadi lebih kecil.

 

Ras yang sama, otot lebih kecil, lebih tinggi, botak, punya gigi kecil, jari kaki yang menghilang dan kepala berukuran aneh rasanya akan terlihat dan terasa sangat aneh untuk manusia sekarang. Ya, setidaknya itu prediksi evolusi manusia 200 ribu tahun yang akan datang. Apakah demikian? Entahlah.

ARTIKEL TERKAIT

Cacing Laut Purba Sebesar Lengan untuk Pertama Kalinya Diteliti, Hasilnya… Apa yang kamu bayangkan tentang cacing laut? Mungkin bagi kamu hewan yang satu ini terlihat menjijikan. Bagaimana bila ada cacing laut berukuran sebes...
LoadingSUDAH MENCOBA