Alasan Psikologis dan Ilmiah Tokoh Kartun Populer Berwarna Kuning

LoadingSUDAH MENCOBA

Sadar tidak, kalau tokoh-tokoh kartun yang sangat populer berwarna kuning. Mulai dari The Simpsons, Minion, Tweety, Winnie The Pooh, Spongebob hingga Pokemon. Ternyata, ada alasan psikologis juga ilmiah di balik para kreator kartun menggunakan warna kuning, lho! Berikut ini alasannya, disadur dari video yang dirilis oleh sebuah channel YouTube, ChannelFredarator.

Membedakan dari karakter kartun lainnya

Kamu pasti setuju bahwa kuning adalah salah satu warna yang mencolok. Makanya, digunakan untuk menarik perhatian orang. Tidak heran jika taksi di beberapa negara pun berwarna kuning. Hal itulah yang kemudian dimanfaatkan oleh kreator kartun, salah satunya kreator The Simpsons. The Simpsons bisa dikatakan yang mempopulerkan warna kuning untuk kartun. Saat itu, kreator berpikir bahwa dengan menggunakan warna kuning, The Simpsons akan beda dari kartun yang sudah ada, misalnya, kartun-kartun Disney. Jadi, akan menarik perhatian penonton dan mudah diingat. Hal itu pun berhasil dan menjadikan The Simpsons salah satu kartun paling sukses hingga saat ini.

Baca Nanti  6 Rumah Adat Indonesia yang Bisa Ditemukan di Luar Negeri

Teori warna pada TV

Alasan lainnya sebenarnya bersifat ilmiah dan berhubungan dengan teori warna pada TV. Sebenarnya, lawan dari warna kuning adalah ungu. Jika digunakan bersamaan, maka warna kuning akan terlihat semakin menonjol. Tapi, ternyata roda warna pada TV berbeda dengan kehidupan asli. TV pada umumnya tidak menggunakan roda warna yang normal, melainkan skala RGB yang berbasis warna-warna terang atau cerah. Itulah yang kemudian membuat biru menjadi lawan dari warna kuning dan akan membuat kuning terlihat menonjol, tapi tidak menyakiti mata. Dari teori inilah warna kuning akhirnya digunakan para kreator. Mengingat tokoh kartun, misalnya Pokemon atau Spongebob, akan banyak berada di luar ruangan (taman, laut, dan sejenisnya), maka warna kuning pun menjadi pilihan yang aman.

Baca Nanti  6 Tempat Wisata Ini Pernah Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood Lho. Kamu Pernah Kesana?

Psikologi warna pada manusia

Menurut teori psikologi, warna mampu mewakili emosi manusia. Misalnya, merah untuk mewakili perasaan marah atau biru untuk mewakili perasaan jatuh cinta. Nah, sedangkan kuning biasanya dikaitkan dengan perasaan bahagia dan kehangatan. Selain itu, warna kuning juga mengekspresikan aktif dan enerjik. Kesimpulannya, warna kuning mewakili hal-hal positif yang ingin kita miliki atau rasakan. Itulah sebabnya Spongebob, misalnya, adalah karakter dengan segudang sisi positif yang bisa menjadi contoh baik untuk penonton.

 

ARTIKEL TERKAIT

Kenalkan, Squeeks Si Robot Vespa Lucu di Film Transformers Terbaru Di trailer film Transformers: The Last Knight, ada satu autobot yang mencuri perhatian. Anggota baru di film Transformers ini bukan robot petarung bes...
LoadingSUDAH MENCOBA