6 Tradisi Orang Tiongkok Ini Bisa Bawa Keberuntungan di Rumah Baru Kamu!

LoadingSUDAH MENCOBA

Untuk orang-orang yang percaya takhayul, pindah rumah adalah salah satu aktivitas yang sangat penting dalam menjamin masa depan rumah tangga. Dalam adat Jawa, biasanya ada tanggal tertentu agar tidak terkena apes. Di adat Tiongkok, ternyata juga ada banyak tradisi yang bisa bawa keberuntungan saat pindahan ke rumah baru. Apa saja?

Menggelindingkan nanas

Siapkan nanas yang belum dikupas. Gelindingkan nanas saat masuk rumah. Nanas dalam bahasa Hokkien mirip dengan kata ‘membawa keberuntungan’. Masyarakat Tiongkok percaya bahwa hal ini memberikan keberkahan bagi rumah baru serta membawa kekayaan dan kemakmuran.

Membawa barang-barang pembawa keberuntungan

Selain menggelindingkan nanas, penting juga untuk membawa masuk barang-barang keberuntungan, salah satunya adalah koin feng shui. Namun ada juga alternatif yang lebih mudah yakni buah-buahan segar. Buah-buahan yang dibawa juga wajib bermacam-macam dan berjenis tertentu, antara lain: jeruk, delima, apel dan kesemek. Masing-masing menyimbolkan kekayaan, kesempatan, keselamatan dan kesehatan.

Merebus air

Bawalah sebuah teko saat pindahan sehingga kamu bisa merebus air dengan kompor kamu. Dalam tradisi Tiongkok, merebus air saat pindahan mampu memberikan kehangatan dalam rumah sekaligus melancarkan karir.

Meletakkan amplop merah berisi uang baru

Untuk melipat gandakan kekayaan, tradisi masyarakat Tionghoa selanjutnya adalah menyebarkan amplop merah di tempat-tempat atau furnitur dimana kamu sering menyimpan uang. Amplop tersebut harus berisi uang kertas yang belum pernah terlipat sama sekali. Bila kamu menempatkannya di brankas, pastikan isi di dalamnya benar-benar bersih. Jangan lupa untuk meletakkan permen dan manisan di atas meja.

Namun kamu masih bisa melewati langkah ini bila memang masih belum ada furnitur di dalam rumah kamu.

Buka semua pintu dan jendela

Ketika melangkahkan kaki di rumah baru, kamu wajib membuka semua pintu dan jendela agar udara bisa masuk. Hal ini bertujuan untuk membiarkan aura ‘qi’ atau energi positif masuk ke rumah dan mengalir di setiap ruangan.

Nyalakan keran dan kompor

Langkah akhir adalah menyalakan keran, kompor dan setiap perlengkapan elektronik yang kamu miliki. Biarkan mereka menyala sekitar tiga menit. Hal ini bertujuan agar setiap ruangan di dalam rumah benar-benar hidup dan energi bisa masuk ke dalamnya. Bila masih belum ada peralatan-peralatan tersebut, buka pintu dan jendela saja sudah cukup membantu.

 

Itulah tradisi orang Tiongkok ketika pindahan rumah. Jadi, apakah benar atau tidak? Itu semua kembali lagi ke kamu entah percaya atau tidak. Lagi pula, tidak ada salahnya untuk mencoba. Siapa tahu, keberuntungan muncul dari rumah baru kamu.

LoadingSUDAH MENCOBA