Jangan Cuma Tahu Nasi Padang. Yuk, Pahami 3 Jenis Restoran Khas Minang Ini

on
LoadingSUDAH MENCOBA

Rasanya, hampir tidak ada orang yang tak mengenal nasi padang. Bahkan, mereka yang tidak suka pedas pun, suka dengan beragam jenis masakan khas Minang yang lezat. Rendang, itu hanya satu jenis saja, pasti masih banyak menu lain yang kamu suka, kan?

Rumah makan padang ada banyak namanya, rasa pun tak semua sama. Faktanya, memang tak ada rumah makan padang di Sumatera Barat. Kecuali rumah makan dengan beragam lauk yang hampir serupa. Walau namanya beda-beda, sebenarnya ada tiga model utama rumah makan padang.

Ada Ampera, Kapau, dan restoran biasa. Jualan mereka sama, makanan khas Minang, tapi ada ciri khas masing-masing yang membedakan. Mulai dari cara menata makanan, pelayanan, jenis makanan, rasa, hingga harganya.

Ampera

Tidak sedikit yang cuma tahu, bahwa kamu pesan nasi padang, dan ternyata belinya di Ampera. Lho, memang kenapa? Ya, memang sama-sama masakan khas Minang, kok. Memang bisa disebut nasi padang, karena di Sumatera Barat warung nasi Ampera mudah ditemukan pada banyak tempat.

Perbedaan utama dengan nasi kapau, adalah status penjualnya. Hanya mereka yang original dari Nagari Kapau boleh menggunakan nama nasi Kapau. Makanan di warung Ampera disusun pada etalase, dan menu biasanya standar dengan sayur seadanya.

Kapau

Menu di warung Kapau biasanya lebih komplet, seperti gulai tambusu, gulai babat, gulai ikan, gulai ayam, rendang ayam, sampai dendeng batokok. Selain makanan yang dipesan, kamu juga bisa mendapat tambahan sayur gulai nangka (cubadak).

Makanya, harga nasi kapau akan lebih mahal dari Ampera. Penjual harus dari Nagari Kapau, karena ada kaitan dengan sejarah. Nasi kapau yang tenar di Jakarta dan kota besar lain, termasuk Padang sejak 1960an, kabarnya berasal dari Pasar Bukittinggi.

Sekarang ini, mungkin ada rumah makan yang mengklaim jualannya adalah nasi kapau, dan harganya jelas mahal. Butuh pengetahuan dan lidah, untuk bisa membedakan mana yang asli dan bukan.

Perbedaan yang bisa dilihat, antara lain jenis menu yang disediakan. Begitu juga penataan piring lauk yang seperti tangga. Untuk mengambil sayur, penjualnya menggunakan sendok panjang dengan gagang kayu.

Gulai sayur nangka khas Kapau, biasanya berisi nangka muda, kol, dan rebung yang disajikan utuh. Kalau di warung padang lain, sayuran mungkin dipotong kecil-kecil. Lantas, bumbu pada nasi Kapau, tidak terlalu banyak berminyak. Bumbunya juga tidak ditumis.

Restoran Padang

Kalau kamu pernah makan di rumah makan khas Minang, yang lauknya disajikan pada piring-piring terpisah di meja kamu, nah itulah restoran padang. Harga jelas lebih mahal, karena menawarkan pelayanan berbeda dalam penyajian.

Istilahnya ‘dang’, di mana semua lauk dan sayur disajikan pada piring-piring kecil di meja kamu. Ini mungkin perbedaan utama yang bisa kamu kenali, dengan warung Ampera yang semua makanan disajikan langsung satu piring dengan nasi.

Tapi, soal harga murah atau mahal tidak bisa jadi patokan, dalam membedakan. Karena sekarang ini, makan di warung Ampera belum tentu murah, kan?

ARTIKEL TERKAIT

Meski Namanya Sama, Beberapa Daerah di Indonesia Menyajikan Makanan Ini dengan Cara yang Beda (Part ... Selain soto, sate juga termasuk makanan paling populer di Indonesia. Makanya, berbagai daerah pasti memilki menu sate dengan penyajian yang berbeda-be...
Selain Terlezat di Dunia, Rendang Punya Makna Budaya yang Penting untuk Masyarakat Minang Bangga dong, rendang dinobatkan sebagai makan paling lezat di seluruh dunia. Tapi, selain rasanya yang enak dan kaya akan cita rasa khas Indonesia, re...
5 Kue Khas Indonesia Rasa Bule yang Salah Satunya Dinobatkan Terenak di Dunia! Setiap daerah di Indonesia pasti punya satu makanan khas, dong. Mulai dari makanan utama sampai kue dan camilan. Tidak hanya populer di kalangan orang...
Cari Tahu Makanan Kesukaan Gebetan dari Zodiaknya Pengin kasih kejutan ke gebetan dengan mengajaknya makan di restoran yang menunya sangat ia nikmati. Untuk mencari tahu, kamu cukup melihat dari zodia...
Meski Namanya Sama, Beberapa Daerah di Indonesia Menyajikan Makanan Ini dengan Cara yang Beda (Part ... Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner khasnya. Saking kayanya, masing-masing derah pasti punya makanan khas. R...
LoadingSUDAH MENCOBA