5 Alat Musik Tradisional khas Indonesia yang Lebih Terdengar Suaranya di Luar Negeri

LoadingSUDAH MENCOBA

Sebagai warga negara Indonesia, sudah sewajarnya kita bangga akan kebudayaan yang kita miliki. Setiap suku di Indonesia memiliki kekayaan budaya khas yang alah satunya terwujud dalam alat musik. Hal ini dapat kita lihat dari alat musik Indonesia yang beragam. Nah, kalau kamu ngaku cinta Indonesia, sudahkah kamu mengenal alat musik tradisional ini? Perlu kamu tahu, alat musik ini justru sudah amat dikenal lho di dunia internasional. Yuk, simak apa saja!

Gamelan

Kurang bangga apa lagi, coba? Meskipun gamelan di sini dianggap alat musik tradisional yang biasa-biasa saja, tapi siapa sangka jika alat musik yang satu ini amat digemari di negara luar? Banyak lho orang asing yang berminat buat belajar gamelan. Bahkan di New Zealand dan Amerika, ada perguruan tinggi yang memasukkan musik gamelan sebagai bagian dari kurikulum mereka. Menariknya lagi, di Singapura, gamelan menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dasar.

Kolintang

Kolintang merupakan alat musik tradisional khas Sulawesi Utara. Tidak seperti gamelan, kulintang lebih ringan dan memerlukan 5 orang untuk memainkannya. Mungkin kamu sering melihat alat musik ini di pertunjukan-pertunjukan seni daerah. Pendiri Sanggar Bapontar Beiby Sumanti telah melakukan pertunjukan internasional, bahkan alat musik kolintang pernah ditampilkan dalam Malam Tamu Ratu Denmark di Istana Kepresidenan.

Angklung

Wah, ternyata alat musik ini tak hanya populer di Indonesia. Di Amerika, angklung sudah sangat dikenal, lho. Bahkan angklung sudah dinobatkan sebagai warisan budaya UNESCO. Keren, kan? Untuk memperingati 5 tahun penobatan ini, di Amerika digelar konser yang diberi nama “Pulau: The Angklung Concert”. Oleh sebab itu, tak heran jika angklung sering muncul di berbagai pagelaran musik dunia. Tak hanya di Amerika, angklung juga pernah tampil di Paris, Belanda, dan juga Korea Selatan.

Saluang

Saluang adalah alat musik tradisional khas daerah Minangkabau. Dalam acara Minangkabau Week yang pernah digelar di Tokyo, alat musik ini mulai dikenalkan oleh KBRI. Jadi, jangan heran kalau saluang juga sudah dikenal di kancah internasional. Saluang berbentuk menyerupai seruling yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara ditiup.

Degung

Mungkin degung kurang seberapa populer dibanding gamelan ataupun angklung di Indonesia. Alat musik yang mirip gamelan ini sudah dikenal di Amerika Serikat dan London. Degung sendiri merupakan alat musik tradisional khas Sunda. Konon, alat musik ini dipercaya sebagai alat musik kerajaan pada jaman dulu.

Dari nama-nama alat musik tradisional di atas, apakah kamu sudah mengenal semuanya? Jangan mau kalah dengan bule, ya! Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kamu harus mengenal betul kekayaan budaya Indonesia untuk memperkuat wawasan nusantaramu.

ARTIKEL TERKAIT

Menariknya Peran Karikatur sebagai Media Kritik Politik di Indonesia Selain bagian dari karya seni, karikatur juga dianggap sebagai karya jurnalistik dalam bentuk visual (Priyanto Susanto: 2011). Tidak dapat dipungkiri ...
LoadingSUDAH MENCOBA