Selain Terlezat di Dunia, Rendang Punya Makna Budaya yang Penting untuk Masyarakat Minang

LoadingSUDAH MENCOBA

Bangga dong, rendang dinobatkan sebagai makan paling lezat di seluruh dunia. Tapi, selain rasanya yang enak dan kaya akan cita rasa khas Indonesia, rendang juga punya peranan penting dalam kebudayaan Indonesia. Khususnya bagi masyarakat Minang yang menurut mereka rendang memiliki makna budaya yang penting.

Menurut catatan sejarah, rendang muncul sejak abad ke-16, yaitu ketika masyarakat Minang sering bepergian menuju Selat Malaka dan Singapura. Pada zaman itu, belum ada teknologi yang bisa membuat makanan awet untuk jangka waktu lama. Padahal, perjalanan para perantau Minang membutuhkan waktu setidaknya satu bulan. Sejak itulah masyarakat Minang membuat rendang yang memang tahan lama dan tetap enak meski disimpan untuk jangka waktu lama.

Lalu, apa makna budaya dari rendang untuk masyakarat Minang sendiri?

Wikipedia

Nah, pada abad ke-16 masyarakat Minang juga membuka kampung sepanjang pantai timur Sumatera hingga Singapura, Malaka dan Malaysia. Pembukaan itu diresmikan lewat sebuah upacara adat yang diduga menjadi upacara adat masyarakat Minang untuk pertama kalinya. Dan makanan yang disajikan tidak lain adalah rendang. Sejak saat itu, rendang pun selalu menjadi makanan penting dan wajib pada setiap upacara adat atau perayaan yang diselenggarakan masyakarat Minang.

Dalam budaya Minang, rendang memiliki makna musyawarah dan mufakat yang berangkat dari empat bahan pokok. Keempatnya melambangkan keutuhan masyarakat Minang, yaitu:

– Daging sapi: lambang dari Niniak Mamak, sebutan untuk pemimpin suku adat

– Kelapa: lambang Cadiak Pandai, sebutan untuk kaum intelektual

– Cabai: lambang Alim Ulama yang tegas dalam mengajarkan syariat agama

– Bumbu: lambang dari keseluruhan masyarakat Minang

Tidak heran kan, jika rendang dinilai punya posisi yang terhormat dalam budaya Minang.

ARTIKEL TERKAIT

Cari Tahu Makanan Kesukaan Gebetan dari Zodiaknya Pengin kasih kejutan ke gebetan dengan mengajaknya makan di restoran yang menunya sangat ia nikmati. Untuk mencari tahu, kamu cukup melihat dari zodia...
Jangan Cuma Tahu Nasi Padang. Yuk, Pahami 3 Jenis Restoran Khas Minang Ini Rasanya, hampir tidak ada orang yang tak mengenal nasi padang. Bahkan, mereka yang tidak suka pedas pun, suka dengan beragam jenis masakan khas Minang...
LoadingSUDAH MENCOBA