5 Tips Persiapan Pernikahan Anti Drama untuk Mengatasai Orang Tua atau Calon Mertua yang Rewel

LoadingSUDAH MENCOBA

Salah satu hal yang menjadi momok persiapan pernikahan adalah kekangan dan suruhan orang tua atau calon mertua yang ada saja maunya. Karena begitu cerewetnya, bisa-bisa kamu malah dibuat bete oleh mereka. Jangan bingung dulu, cari tahu cara menghadapi mereka di bawah ini!

Ambil keputusan dari jauh-jauh hari

Jangan berikan keputusan untuk menikah terlalu dekat dengan hari-H, bicarakan niatmu maksimal setahun sebelum acara agar banyak waktu untuk merencanakannya bersama-sama. Selain itu, bila kamu sudah berbicara jauh-jauh hari, mereka juga akan lebih tenang dalam membantumu mempersiapkan pernikahan. Lagi pula, bila berbicara tentang niat menikah terlalu dekat, bisa jadi ada clash antara orang tuamu dan calon mertua. Masalahnya, dua belah pihak biasanya memiliki pendapat yang berbeda tentang bagaimana sebaiknya resepsi dilakukan.

Kasih mereka kerjaan sehingga tidak mengganggu

Bagi tugas dengan orang tua atau calon mertuamu dari awal sehingga mereka tidak bingung akan mengerjakan apa nantinya. Jangan memberikan mereka kalimat “nanti saya yang urus” karena hal ini akan semakin membuat mereka was-was. Ingat, mereka sudah menikah lebih dulu dari kamu dan mereka paham apa yang sebaiknya dilakukan. Dengan pengalaman mereka, seharusnya mereka bisa memberikan yang terbaik untuk pernikahan kamu dan calon pasanganmu. Tetapi jangan sampai pekerjaan tersebut terlalu membebani mereka. Kalau perlu, bagilah pekerjaan dengan adil antara orang tuamu dan calon mertua.

Jangan langsung tolak ide, bilang aja mau dipikir-pikir dulu

Namanya juga orang tua, mereka pasti ingin yang terbaik untuk pernikahan kamu. Tidak heran bila mereka akan melontarkan berbagai macam ide, apalagi mereka sudah berpengalaman dalam soal ini. Tapi memang ada kalanya ide tersebut bukannya membuatmu senang, tapi malah bikin bete.

Bila kamu sudah memiliki konsep, dan calon pasangan juga sudah setuju dengan hal tersebut, sebaiknya kamu tetapi bersikukuh dengan konsep tersebut. Tetapi bila orang tua atau calon mertua memberi masukan, jangan ditolak mentah-mentah. Siapa tahu ide mereka memang bagus, tapi bila memang tak diinginkan bilang saja “mau pikir-pikir dulu”. Ini akan lebih sopan daripada kamu langsung berkata tidak.

Minta bantuan pihak ketiga sebagai penengah juga oke

Kalau kamu memilih melimpahkan tugas pada EO alias Event Organizer, ada baiknya kamu mengajak mereka setiap kali berdiskusi dengan orang tua serta calon mertua. Mereka bisa menjadi penengah yang baik untuk kedua pihak orang tua dan mereka tetap akan membawa konsepmu sebagai paduan utama mereka. Hal ini akan lebih mudah daripada kamu menjadi penengah sendiri. Bisa-bisa daripada menyelesaikan urusan pernikahan, kamu akan semakin pusing dengan cerewetnya orang tua atau calon mertua kamu.

Terkadang, bersifat sedikit egois tidak ada salahnya

Ini pernikahan kamu, dan diharapkan adalah pernikahan satu-satunya yang harus kamu jalani. Karena itu apa yang kamu inginkan sebaiknya tetap kamu utamakan di sini. Tidak masalah kok untuk bersikap egois karena ini adalah pernikahanmu.

Nah, sudah tahu cara untuk menghadapi bahtera pra-nikah bukan? Jangan takut untuk merencanakan pernikahan dengan orang tua dan calon mertuamu!

ARTIKEL TERKAIT

Tanpa Disadari Cowok, 5 Hal Ini Cewek Anggap Sebagai Selingkuh Tanpa disadari banyak cowok, beberapa hal ini dianggap sebagai selingkuh oleh cewek. Biasanya, hal-hal tersebut adalah kegiatan yang sudah lama dilaku...
Mengenal Lebih Jauh tentang Kepribadian Ganda, Gangguan Kepribadian pada Manusia Pernahkah kamu berhadapan dengan satu orang dengan kepribadian yang berbeda sehingga kamu merasa sedang berhadapan dengan satu orang atau lebih? Misal...
5 Ide Kado Pernikahan yang Paling Dibutuhkan Pengantin Baru Ketika kamu mendengar sahabat kamu menikah, tentu ingin rasanya memberikan kado kepadanya di hari spesial tersebut. Namanya mencari kado, kamu pasti k...
Sedang Tidak Punya Pacar? Tak Perlu Merana, 5 Film Ini Justru Akan Bikin Kamu Bahagia Jadi Jomblo! Menjadi seseorang yang single atau jomblo memang terkadang terlihat begitu merana di depan teman-teman kamu yang udah punya pasangan. Hidupmu mungkin ...
Menjawab Berbagai Tanda Tanya tentang Taaruf Mungkin kamu pernah menjumpai temanmu yang ketika ditanya mengenai kelanjutan hubungannya dengan si doi, ia menjawab, “Masih taaruf nih.” Nah, kamu pu...
Ini Lho Alasan Positif Kenapa Pria Juga Perlu Nonton Drama Korea Nonton drama Korea? Rasanya kata-kata "drama Korea” saja sudah buat kamu memutar bola mata, ya? Tapi jangan salah, ternyata nonton drama Korea punya b...
Bagaimana Cara Terbaik Mengatasi Tangisan Perempuan? Bagaimana seorang cowok mengatasi tangisan perempuan, adalah masalah yang sangat penting. Hasilnya bisa menentukan langgeng atau tidaknya hubungan. Ke...
Inilah Tempat Terbaik untuk Mencari Cewek Single Weekend berniat buat jalan-jalan, tapi juga ingin sekaligus mencari pacar. Di sisi lain, malas pergi ke tempat-tempat ramai yang kesempatan untuk bisa...
5 Lagu Perpisahan yang Wajib Kamu Dengarkan Agar Bisa Cepat Move On Tidak ada yang lebih bisa memahami perasaan seseorang yang baru saja putus cinta dibanding lirik sebuah lagu. Mendengarkan musik memang dikenal sebaga...
Kalau Sudah Memimpikan Ini, Kamu dan Dia Berarti Berjodoh. Percaya? Mantap dari hati saja kadang belum cukup menentukan kamu dan dia benar-benar berjodoh. Kalau para orangtua yang hidup di zaman dulu sih, mereka percay...
4 Kisah Nyata Jodoh Pasti Bertemu Ini Akan Membuatmu Kembali Percaya Cinta Kamu akan menemukan puluhan atau bahkan ratusan pepatah tentang jodoh di internet. Walaupun begitu, masih banyak orang yang tidak percaya bahwa jodoh ...
Quote Film yang akan Membuat Kamu Lebih Mengerti Soal Cinta Mengerti soal cinta memang tidak mudah. Tapi, quote cinta dari film-film berikut ini bisa membantu kamu lebih mengerti soal cinta. ...
Ini Cara Mengatasi Cewek Ngambek Berdasarkan Kepribadiannya Setiap cewek pasti memiliki karakter masing-masing yang unik. Karena itu, kita tidak bisa memberikan perlakuan yang sama untuk setiap orang. Begitu ju...
Mau Dapat Pacar yang Romantis? Pilih Cewek dengan 3 Zodiak Ini Siapa sih yang nggak suka dapet pacar yang romantis? Kebiasaan si romantis yang suka mengungkapkan kasih sayang, memberikan surprise, tentu bikin hari...
Ada Rencana Menikah? Terapkan 5 Cara Menabung Ini Agar Kamu Tak Perlu Merepotkan Orang Tua Menikah tidak hanya untuk melestarikan keturunan, tapi juga untuk membahagiakan orang tua. Mungkin ada di antara kalian yang sampai sekarang tinggal b...
Ingin Jadi Prince Charming dan Bikin Pasangan Makin Cinta? Lakukan 7 Gestur Simple Berikut Ini! Banyak wanita yang mengidolakan pemeran utama dari film-film romantic comedy besutan Hollywood. Selain wajah yang memang menawan, para gentleman ini t...
5 Hobi yang Membuat Cowok Terlihat Seksi di Mata Cewek Ternyata, kesan seksi tak hanya bisa didapat dari tampilan fisik saja. Dengan menekuni hobi yang tepat, kamu juga bisa terlihat seksi di mata cewek. K...
Begini Cara Chatting Gebetan Sesuai dengan Zodiaknya Pasti ada kalanya kamu ingin ngobrol sama gebetan lewat chat. Supaya obrolan berjalan lancar, coba deh, ketahui apa zodiaknya. Soalnya, tiap zodiak pu...
Bahagia Itu Sederhana dan Tak Selalu tentang Uang, Ini 4 Buktinya Ada yang mengatakan bahagia disebabkan oleh uang yang banyak, mungkin karena punya mobil atau punya rumah baru. Tetapi sebenarnya kadar bahagia ini ti...
Jawaban Realistis untuk Pertanyaan “Kapan Kawin?” Usia sudah mendekati 30 tahun, tapi kamu belum juga menikah. Pertanyaan “kapan kawin?” pun akan selalu muncul dari orang-orang di sekitar kamu. Supaya...
5 Kisah Keajaiban Sedekah yang Akan Bikin Kamu Ikhlas Tidak Jajan Sedekah adalah sebuah cara untuk menggunakan uang demi sebuah hal yang lebih baik. Mungkin lima kisah kejaiban sedekah di bawah ini bisa membantumu un...
Mau Kasih Bunga Mawar ke Pacar? Ketahui Dulu 6 Maknanya Agar Kamu Tak Salah Warna Bunga mawar adalah sebuah simbol yang melambangkan cinta dan apresiasi. Maka, tidak heran jika banyak orang cenderung memilih bunga mawar untuk mengek...
Menurut Terapis Seks, Berikut Tanda Pernikahan Terancam Berakhir Banyak faktor yang menentukan sebuah pernikahan bisa langgeng atau tidak. Bagi para terapis seks, hubungan seks antara suami dan istri juga menjadi sa...
5 Cara Anti Mainstream untuk Ungkapkan Rasa Kangen ke Pasangan Kamu Tidak semua pasangan bisa bertemu setiap hari. Hal tersebut bisa disebabkan karena kesibukan masing-masing yang tidak memungkinkan keduanya untuk bert...
Kamu Bisa Melihat Kepribadian Orang Berdasarkan Tanda Tangan Mereka Lho! Tahukah kamu bahwa bentuk tanda tangan bisa menunjukkan kepribadian seseorang? Kepribadian menjadi salah satu faktor utama yang dijadikan sebagai baha...
Sebelum Ketemu Gebetan, Cari Tahu Dulu Teknik Merayu Anti Gagal Berikut Ini Merasa kurang ganteng? Jangan khawatir, kamu masih bisa mendapatkan cewek idamanmu kok. Asalkan kamu mempelajari teknik merayu yang tepat. Menurut pen...
Cari Tahu Level Cemburu Si Dia dari Zodiaknya! Dicemburuin pasangan kadang bikin happy. Karena kata orang, cemburu tkamunya cinta. Tapi kalau rasa cemburunya mulai berlebihan tentu bikin nggak nyam...
LoadingSUDAH MENCOBA