5 Kue Khas Indonesia Rasa Bule yang Salah Satunya Dinobatkan Terenak di Dunia!

LoadingSUDAH MENCOBA

Setiap daerah di Indonesia pasti punya satu makanan khas, dong. Mulai dari makanan utama sampai kue dan camilan. Tidak hanya populer di kalangan orang Indonesia, makanan-makanan khas Indonesia juga sudah dikenal secara internasional. Seperti lima kue khas Indonesia rasa bule ini. Salah satunya bahkan dinobatkan sebagai kue terenak di dunia, lho!

Klappertaart

Dok. Dining Hub

Inilah camilan yang wajib kamu makan dan dibawa sebagai oleh-oleh saat jalan-jalan ke Manado. Klappertaart adalah kue dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Kue ini punya cita rasa asing alias bule, karena memang resepnya dipengaruhi oleh orang Belanda. Klappertaart muncul di Manado ketika Belanda menduduki kota tersebut. Tidak heran jika ada pengaruh Belanda di kue tersebut. Setelah Indonesia merdeka, kue ini tidak lalu hilang. Justru menjadi kue khas Manado dan menjadi salah satu simbol kuliner kota itu juga.

Spikoe

Dok. Tokopedia

Sama seperti klappertaart, kamu sudah bisa merasakan kesan bule dari kue ini hanya dari namanya. Tidak terkecuali rasanya yang memang merupakan pengaruh dari Belanda. Spikoe adalah kue sejenis sponge cake yang biasanya berbentuk kotak dan terdiri dari 2 hingga 3 layer. Spikoe atau biasa disebut kue lapis ini adalah kue khas Surabaya. Tidak akan lengkap jika tidak mencobanya ketika mengunjungi kota tersebut dan membawanya sebagai oleh-oleh.

Lapis Legit

Dok. Tokopedia

Inilah kue khas Indonesia yang terkenal secara interasional dan dinobatkan sebagai kue nasional terenak di dunia. Lapis legit juga merupakan kue khas Surabaya yang mendapat banyak pengaruh ketika zaman penjajahan Belanda dulu. Merupakan kue dengan banyak layer dan dalam bahasa Belanda disebut Spekkoek. Berbeda dengan spikoe, lapis legit memiliki lebih banyak layer (biasanya 18 layer) dengan bahan dasar yang juga berbeda. Lapis legit menggunakan beberapa bumbu dapur, seperti kayu manis, kapulaga, cengkeh, lawang, dan adas manis.

Kue Cubit

www.tarasmulticulturaltable.com

Kue yang biasanya menjadi jajanan pinggir jalan ini memang spesial banget. Rasanya mengingatkan kita pada pancake dalam ukuran mini. Tapi, kue cubit memang sangat terinspirasi oleh pancake khas Belanda, lho. Tahu poffertjes, kan? Pancake mini yang dimakan bersama lelehan cokelat. Nah, kue cubit adalah versi Indonesia dari poffertjes. Resepnya kemudian disesuaikan dengan cita rasa indonesia dan sekarang hadir dalam berbagai rasa unik.

Pie Susu

www.mymilk.com

Inilah kue khas Indonesia yang sedang naik daun beberapa tahun terakhir. Pie susu mendapat banyak pengaruh dari Portugis ketika negara itu masih menjajah Indonesia. Di Portugis, kue sejenis ini dikenal dengan nama egg tart atau Pastel De Nata. Orang Indonesia lalu membuat versinya sendiri yang merupakan gabungan dari pie susu khas Portugis dan Hongkong. Dikenal dengan Pie Susu Bali, karena memang merupakan kue serta oleh-oleh khas Bali. Tapi, jika ingin mencoba atau sedang ngidam pie susu Bali, kamu tidak perlu ke sana untuk membelinya. Cukup membeli di Belvia Mini Pie secara online melalui Tokopedia. Belvia Mini Pie juga punya berbagai rasa lho, mulai dari Original, Choco chip, Keju, Kismis , Choco freeze (coklat), Blueberry, Almond , Apel , Durian dan Original Spesial.

ARTIKEL TERKAIT

Jangan Cuma Tahu Nasi Padang. Yuk, Pahami 3 Jenis Restoran Khas Minang Ini Rasanya, hampir tidak ada orang yang tak mengenal nasi padang. Bahkan, mereka yang tidak suka pedas pun, suka dengan beragam jenis masakan khas Minang...
Meski Namanya Sama, Beberapa Daerah di Indonesia Menyajikan Makanan Ini dengan Cara yang Beda (Part ... Selain soto, sate juga termasuk makanan paling populer di Indonesia. Makanya, berbagai daerah pasti memilki menu sate dengan penyajian yang berbeda-be...
Meski Namanya Sama, Beberapa Daerah di Indonesia Menyajikan Makanan Ini dengan Cara yang Beda (Part ... Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner khasnya. Saking kayanya, masing-masing derah pasti punya makanan khas. R...
Yuk Cobain 5 Jajanan ini untuk Teman Ngeteh saat Weekend! Punya kebiasaan ngeteh saat akhir pekan? Atau cuma ingin duduk-duduk di teras rumah dan mengobrol bersama keluarga? Pastinya kurang lengkap dong tanpa...
LoadingSUDAH MENCOBA