Kembalinya Mbah Fanani, Petapa Dieng, Adakah Hubungannya dengan Letusan Gunung Dieng?

LoadingSUDAH MENCOBA

Nama Mbah Fanani sempat populer sebagai petapa Dieng yang sudah bertapa di lokasi itu selama puluhan tahun. Sosok yang diduga berusia 107 tahun ini juga sebenarnya penuh misteri, terutama alasan di balik kegiatan bertapanya. 

Mbah Fanani sebenarnya sudah bertapa di Dieng selama puluhan tahun. Tapi, selain di sana, Mbah Fanani juga beberapa kali bertapa di wilayah-wilayah lain.  Pendamping Mbah Fanani sempat mengatakan bahwa Mbah Fanani bertapa di tempat-tempat yang ia pikir akan mengalami bencana. Di tempat itu ia akan berzikir dan berdoa sebagai upayanya menjaga tempat tersebut dari hal-hal negatif.

www.merdeka.com

Hingga beberapa bulan lalu, ia merasa rindu dengan anak perempuannya. Ia kemudian dijemput dari Dieng dan tinggal bersama anaknya di Cirebon. Satu bulan tinggal di sana, Mbah Fanani meminta kepada pihak keluarga untuk diantarkan kembali ke Dieng. Ia mengaku ingin melanjutkan pertapaannya di sana. Berzikir dan berdoa untuk melindungi Dieng. Setelah diskusi, akhirnya pihak keluarga memperbolehkan Mbah Fanani kembali bertapa di Dieng pada akhir Mei 2017 lalu.

Pendampingnya pada saat itu menyatakan bahwa Mbah Fanani berencana bertapa di Dieng selama satu tahun ke depan. Tidak lama setelah kembali ke Dieng, terjadi letusan di Gunung Dieng pada tanggal 2 Juli 2017 lalu. Mungkin keinginannya kembali ke Dieng ada hubungannya dengan bencana tersebut. Ketika ia merasa bahwa sebuah lokasi akan mengalami bencana, Mbah Fanani pun akan bertapa di tempat itu memohon perlindungan.

Ia sempat mengatakan kepada pendampingnya bahwa Dieng akhir-akhir ini sering “menangis”. Alasannya, banyak orang yang melakukan hal tidak senonoh di Dieng setelah lokasi itu dibuka sebagai tempat wisata. Makanya, Dieng seolah ingin memperingatkan kepada warga dan pengunjung untuk selalu merawatnya.

ARTIKEL TERKAIT

5 Misteri dan Mitos Pantai Parangtritis, Benarkah Adanya? Indonesia diapit oleh dua samudera, yaitu Samudera Hindia di sebelah selatan-barat Indonesia dan Samudera Pasifik di sebelah utara-timur Indonesia. Da...
5 Cerita Misteri Gunung Semeru yang Akan Bikin Kamu Merinding Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Tak hanya tinggi, gunung ini juga amat luas sehingga mampu membuat para pendaki lokal maupun l...
5 Benda Terkutuk yang Tak Boleh Sembarangan Dimiliki Orang Di dunia ini banyak hal-hal yang masih menjadi misteri. Percaya atau tidak, ada beberapa benda-benda di dunia yang dari luar tampak eksotis dan menari...
LoadingSUDAH MENCOBA