Drone Milik Facebook Siap Menyediakan Akses Internet ke 4 Miliar Orang

LoadingSUDAH MENCOBA

Sebentar lagi seluruh orang di dunia bisa memiliki akses internet berkat drone milik Facebook. Yup! Drone bernama Aquila tersebut dirancang oleh Mark Zuckerberg untuk memberikan akses internet ke wilayah-wilayah yang masih belum terjangkau akses internet. Uji coba penerbangannya  yang baru saja dilakukan berhasil dan menunjukkan kabar positif drone tersebut bisa segera digunakan.

Aquila adalah drone berbentuk seperti pesawat yang diterbangkan tanpa awak, melainkan menggunakan autopilot. Dirancang untuk menyediakan akses internet kepada wilayah-wilayah di seluruh dunia yang masih dalam kegelapan, alias tidak terjangkau akses internet. “Aquila akan menjadi drone bertenaga surya yang menyediakan akses internet ke seluruh dunia,” ungkap Mark.

Aquila menjalani uji coba terbang di Arizona, Amerika Serikat dan berhasil mengudara selama 1 jam 46 menit di atas ketinggian 3000 kaki atau sekitar 914 meter. Tapi, nantinya Aquila akan dirancang untuk mengudara selama berbulan-bulan. Itu sebabnya, masih dibutuhkan berbagai pengembangan untuk drone ini. Mengingat bahwa belum ada pesawat tanpa awak yang mengudara selama berbulan-bulan di bumi. “We successfully gathered a lot of data to help us optimise Aquila’s efficiency,” tambah Mark.

Sebenarnya, ini merupakan uji coba kedua, setelah di uji coba pertama Aquila mengalami kecelakaan. Keberhasilan uji coba kedua ini pun memberikan angin positif bahwa sebentar lagi seluruh orang di dunia bisa memiliki akses internet.

Foto: Dok. Facebook

ARTIKEL TERKAIT

6 Cara Efektif Agar Facebook Kamu Tidak Bisa Di-Hack! Jejaring sosial Facebook bisa dibilang sudah mendarahdaging pada kebiasaan kita selama ini. Jujur saja, sebelum beraktivitas, pasti kamu membuka akun ...
5 Trik Mudah Dapat Koneksi WiFi Gratis Pusing dengan kuota paket data internet yang selalu cepat habis? Sekalinya sudah diisi, eh ternyata malah koneksinya yang lemot minta ampun. Main game...
LoadingSUDAH MENCOBA